Mesin pencari Google search menduduki peringkat pertama mesin pencahri yang paling banyak digunakan di seluruh dunia dengan presentasi pengguna 70% lebih. Kemudian disusul oleh Baidu dan Yahoo Search.

Google menjadi sumber pengetahuan terbesar di dunia. Sayangnya sedikit sekali orang tahu bagaimana menggunakan mesin pencari buatan Google Inc tersebut secara cepat, efektif dan efisien.

Bagi pelbagai profesi, seperti guru, ilmuwan dan writer sangat membutuhkan Google untuk mendapatkan sumber informasi dan referensi sebanyak mungkin.

Saya akan sedikit memberi tips bagaimana menggunakan Google Serch dengan cepat. Teknik ini gampang hanya mengandalkan kata kunci (keyword) sederhana.

 

#Referensi dalam bentuk visual, gambar, atau video

Google di halaman utama akan memberikan fasilitas kategorisasi mulai dari berita, umum, video dan lain-lain. Pilih sumber pencarian berdasarkan kategorisasi tersebut. Jika ingin mencari referensi berupa gambar infografis, pilih kategori gambar.

 

#Referensi Jurnal

Misal, Anda mencari artikel jurnal terkait pendidikan karakter. Ketik, “Pendidikan Karakter. Jurnal”.

 

#Refernsi dalam format pdf

Masih sama, Anda mencari artikel dengan tema pendidikan karakter dalam bentuk pdf. Silahkan ketik “pendidikan karakter.pdf”

 

#Referensi dari institusi tertentu

Masih sama, Anda mencari artikel dengan tema pendidikan karakter yang bersumber dari institusi Universitas Negeri Surabaya (UNESA). Ketik pendidikan karakter.unesa.

 

#Referensi video pembelajaran

 

Anda mencari media pembelajaran dalam bentuk video dengan materi spesifik tentang medan magnet. Ketik “medan magnet.youtube”.

Demikian Tips singkat ini. Semoga bermanfaat.