“In school there are times when I don’t completely understand a topic that my teacher is lecturing. After I go to OCW, I understand it properly.” – Tuhin Bagi

Di era digital ini kita bisa mendapatkan pengetahuan atau belajar dengan mudah melalui internet. Dibenak kita selama ini, google adalah satu-satunya sumber pengetahuan, padahal google tidak berdiri sendirian. Kita bisa mendapatkan sumber pengetahuan melalui Open Course Ware atau yang biasa disingkat dengan OCW.

Belum banyak ada yang tahu tentang Open Course Ware (OCW), terutama di Indonesia. Perguruan Tinggi di Indonesia yang sudah memulai adalah Universitas Indoensia dengan konsep OCW nya, disusul Universitas Telkom, dan USU

Saya akan membahas tentang OCW dan mereview beberapa OCW yang sudah besar di jagat ini sehingga artikel ini bisa menjadi Panduan Open Course Ware bagi Pemula.

 

Apa itu Open Course Ware?

 

Open Course Ware (OCW) adalah situs penyedia kursus yang dibuat secara gratis (biasanya) oleh institusi perguruan tinggi melalui internet. Material kursus biasanya dalam bentuk video dan paparan artikel. Berbeda dengan Massive Open Onlien Course (MOOC) yang biasanya memberikan sertifikat kelulusan, di OCW (hamper dipastikan ) tidak ada.

Proyek OCW pertama kali muncul pada tahun 1990 an di Eropa. Universitas Tubingen, Jerman menerbitkan video ceramah online berjudul “Tubinger Internet Multimedia Server”. Setelah itu, proyek OCW bermunculan di Amerika Serikat.

Massachusetts Institute of Technology (MIT) meluncurkan Open Course Ware pada tahun 2001 yang dipelopori oleh Professor Dick K.P Yue. Setelah MIT, Carnegie Mellon University membuka Open Learning Initiative pada bulan Oktober 2002. Di susul beberapa perguruan tinggi, seperti Yale, Universitas Michigan, dan Universitas California Berkeley.

OCW menyebar ke Asia. Universitas Jiatong Beijing menyelenggarakan Open Course Ware untuk pertama kalinya di China. Beberapa perguruan tinggi di Asia yang lain menyusul, seperti University of Malaya, Tokyo Institute of Technology  dan Universitas Nasional Chiao Tung, Taiwan.

 

Filosofi dan Manfaat Open Course Ware

 

Open Course Ware merupakan bagian dari gagasan Open Education yang mencakup sumber daya, alat dan praktik yang menerapkan kernagka kerja berbagi secara terbuka dengan tujuan untuk meningkatkan akses dan efektifitas pendidikan ke seluruh pelosok dunia. Open Education (Pendidikan Terbuka) menciptakan kumpulan besar sumber daya pendidikan yang dibagikan secara terbuka, dengan semangat kolaboratif dalam mengembangkan pendekatan pendidikan yang responsive.

Semua manusia di seluruh penjuru planet ini mempunyai hak yang sama dalam mengakses pendidikan, namun sayangnya masih banyak diantara mereka yang tidak bisa menerima akses tersebut. Konsep pendidikan terbuka memanfaatkan internet untuk mencitakan akses tersebut sehingga hak dasar manusia -mendapatkan pendidikan yang layak dapat terpenuhi.

Pendidikan Terbuka sangat penting bagi siapapun. Open Education bagian dari alat individu dan masyarakat untuk memecahkan tantangan masa kini dan memanfaatkan peluang masa depan. Dengan memanfaatkan revolusi digital, open education menawarkan solusi potensial -memberikan akses pendidikan gratis dan berkualitas.  Seorang guru atau dosen dapat memanfatakan open education dalam praktik pembelajaran learning distance dan berkolaborasi dengan pelbagai siswa di seluruh dunia.

Ada banyak manfaat Open Course Ware. Secara spesifik Dana Vioreanu mencatat ada beberapa manfaat dari belajar melalui OCW:

Informasi tambahan. Siswa dapat memperoleh informasi tambahan, sudut pandang dan materi yang dapat membantu mereka dalam meraih keberhasilan.

Membantu pekerjaan. Pekerja mendapat bantuan berharga, karena mereka dapat mempelajari sesuatu yang akan membantu mereka dalampekerjaan.

Anggota Fakultas dapat bertukar ide. Melalui OCW, anggota fakultas (sebuah institusi perguruan tinggi) dapat bertukar ide dan informasi dengan rekan-rekan (seprofesi) di seluruh dunia.

Berbagi data. Para peneliti dapat berbagi data dan mengembangkan jaringan baru antar perguruan tinggi di seluruh dunia.

Membantu siswa belajar. OCW bisa menjadi media menemukan cara yang dapat meningkatkan dan membantu siswa dalam proses belajar.

Manfaat yang lain:

Bagi guru atau instruktur, Open Course Ware dapat dijadikan sebagai media menyampaikan gagasan edukatif kepada siswa di seluruh dunia.

Open Course Ware dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam proses belajar. Artinya, OCW memang belum bisa disepadankan dengan aktivitas belajar regular, namun OCW dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam konteks “menambah/update/meningkatkan” pengetahuan tambahan. Efektifitas dari aspek waktu dan proses, sedangkan efisiensi dilihat dari aspek biaya yang harus dikeluarkan oleh siswa.

Bagi siswa, OCW dapat membantu mereka dalam membangun koneksi global melalui sesi diskusi dan memberikan review teman sejawat dalam pengerjaan tugas akhir atau jurnal.

 

Kiat Sukses Mengikuti Open Course Ware

 

Saya akan membagikan sedikit tips agar ketika kita mengikuti OCW dapat berjalan dengan lancar dan maksimal.

Awali dengan Tujuan. Tentukan tujuan kamu dalam belajar menggunakan model OCW. Hanya sekedar trial atau benar-benar ingin meningkatkan karir?

Mencari sebuah pilihan. Kamu bisa mencari pelbagai jenis OCW dengan browshing interet. Kamu bisa memilih institusi atau secara spesifik topik/subyek/kategori yang sedang kamu pelajari.

Terlibat Aktif. Pembelajaran yang efektif didukung ketika siswa secara aktif terlibat dalam proses pembelajaran di setiap tahap. Kursus biasanya dilaksanakan dalam beberapa durasi atau tahap. Kamu harus terlibat aktif dalam setiap tahap, misalnya dalam sesi diskusi.

Munculkan Inquiri. Kamu harus mendorong agar Inquiri muncul di dalam diri kamu, Inquiri membuat kamu tertatang dan termotivasi untuk mengikuti OCW hingga akhir.

Bangun suasana gembira. Meski format OCW bukan tatap muka, kamu harus menciptakan suasana gembira dalam mengikuti kursus. Buat santai atau kamu bisa menciptakannya di lingkungan yang membuat kamu nyaman untuk belajar.

Baca silabus atau materi. Selalu ada silabus yang bisa diakses oleh peserta kursus. Kamu harus membaca terlebih dahulu. Sangat disarankan untuk mendownload silabus tersebut.

Ikuti Proses Penilaian dengan Baik. Setiap kursus yang disediakan OCW selalu ada penilaian. Pembelajaran yang efektif selalu difasilitasi dengan praktif penilaian dalam masing-maisng kegiatan siswa. Penilaian dirancang untuk mendukung pencapaian hasil belajar yang diinginkan. Tidak perlu takut dalam mengikuti proses ini. Kamu hanya perlu mengikuti proses dengan baik dan maksimal. Sistem penilaian dalam OCW tidak berorientasi pada nilai.

Gunakan Alat Bantu. Hampir semua OCW menggunakan pengantar bahasa Inggris. Bagi kamu yang kesulitan dalam menggunakan bahasa ini, kamu bisa menggunakan alat bantu seperti google translate.

Manajemen Waktu. Ini adalah kunci dalam mengikuti kursus OCW. Atur waktu kamu sehingga kamu bisa membaginya dengan baik sehingga bisa menyelesaikan kursus sesuai dengan schedule. Saya sarankan menggunakan Google Calendar.

Bagikan keberhasilan. Setelah mengikuti tahapan demi tahapan kursus, kamu bisa membagikan keberhasilan yang telah kamu raih kepada teman sejawat. Harapannya, mereka bisa mengikuti jejak kamu. Sangat disarankan untuk berbagi melalui media sosial, blog, atau tulisan bebas di medium.com.

 

Best Practice MIT Open Course Ware

 

Saya akan memaparkan review dan praktik belajar dengan sistem OCW, salah satu nya adalah OCW terbesar di dunia, yakni MIT Open Course Ware.

MIT  Open Course Ware adalah publikasi berskala besar berbasis web yang berisi materi kursus yang diselenggarakan oleh MIT. Proyek MIT Open Course Ware diumumkan pada 4 April 2001, menggunakan Lisensi Creative Commons. Proyek tersebut pada awalnya di danai oleh William & Flora Hewlett Foundation dan Andrew W Mellon Foundation.

 Prof Dick KP Yue

mit.edu

Perintis proyek MIT Open Course Ware adalah Professor Dick KP Yue, Shigeru Miyagawa, dan Hal Abelson. Hal Abelson adalah Profesor Teknik Elelktro yang dikenal sebagai pendiri Creative Commons dan Free Software Foundation. Shigeru Miyagawa adalah Profesor Linguistik MIT, dia mendapatan gelar Ph.D dari Arizona State University.

Han Abelson MIT

Ketika diumumkan untuk pertama kalinya, MIT Open Course Ware menawarkan 32 kursus, satu tahun kemudian menerbitkan 500 kursus, pada tahun 2004, 900 kursus tersedia MIT secara online. Hingga saat ini situs menyediakan 2400 material kursus online dengan 300 juta pengujung.

Salah satu  format pembelajaran di MIT Open Course Ware dalam bentuk video. Konten awal video pada awalnya berformat RealMedia, pada tahun 2008, OCW beralih menggunakan Youtube sebagai platform streaming video digital utama. File video dan Audio juga disediakan secara lengkap untuk dapat di dunduh offline melalui iTunesU dan internet Archive.

 

Ada beberapa langkah mengikuti MIT Open  Course Ware. Kita mulai mencoba

 

Pertama, masuk situs MIT Open Course Ware. Alamat website: ocw.mit.edu

OCW MIT

Kedua, cari topik kursus yang kamu inginkan pada menu find a course. Kamu bisa mencari berdasarkan koleksi MIT, topik secara spesifik maupun Departemen MIT.

OCW MIT

Ketiga, jika mencoba memilih topik berasarkan Departemen Penyelenggara (istilah di Indonesia adalah Fakultas) tampilan akan seperti di bawah ini.

OCW MIT

Keempat, Saya lebih suka memilih berdasarkan topik. Karena jika berdasarkan topik, tema tentang pendidikan akan terlihat secara langsung.

Kelima, silahkan eksplor sumber daya yang tersedia, mulai dari silabus hingga materi.

OCW MIT
Keenam, jangan lupa mengerjakan tugas yang telah disediakan. Apakah tidak ada pendaftaran dan tenggat waktu? Di MIT dan sebagian besar OCW yang lain tidak ada log atau mendaftar. Tidak juga dengan tenggat. Jadi, OCW murni sangat fleksibel. Lihat keterangan di bawah ini.

OCW MIT


Intisari

 

Kamu bisa mendapatkan pengetahuan yang kamu inginkan melalui Open Course Ware (OCW). OCW menyediakan akses pendidikan gratis kepada siapa saja dengan menawarkan flesibelitas. Melalui Open Course Ware, kamu tidak hanya mendapatkan pengetahuan namun juga jaringan global yang bisa kamu manfaatkan dalam pengembangan karir. Siapun pastinya tidak menduga, tapi di dalam OCW seseorang bisa mengembangkan karir. Tren PArker Berhasil mendapatkan posisi di Google berkat OCW. Jangan ragu-ragu untuk memulai OCW. Rencanakan dan segera action. Demikian Panduan OCW bagi Pemula. Semoga bermanfaat.

 

Sumber Bacaan