Time and again we have seen the disruptive impact the internet can have on industries -driving innovation and enhancing the customer experience. I have no doubt MOOCs will do the same for education” Martin Bean

Apa yang membuat kamu kesulitan untuk mendapatkan skill atau pengetahuan yang paling kamu inginkan saat ini ? Apakah problem waktu?, biaya? Atau minimnya ketersediaan institusi belajar yang sesuai dengan keinginan kamu?

Kamu tidak perlu pusing, karena di era internet saat ini, MOOCs hadir menjawab kegundahan kamu.

Saat ini siapun bisa belajar sekaligus mendapatkan skill practice dengan mudah, efisien dan menghemat biaya melalui Massive Online Open Course (MOOC). MOOC adalah kelas online dengan keterlibatan sejumlah siswa dengan dipandu oleh instruktur. Siswa menonton video ceramah pendek yang dibagi menjadi beberapa sesi kemudian diakhiri dengan menyelesaikan tugas.

 

Belajar Melalui Udemy

Salah satu MOOCs popular di dunia adalah Udemy. Udemy merupakan platform pembelajaran online yang mengkhususkan dalam menyediakan konten pembelajaran atau kursus online dengan tema peningkatan skill practice. Konten pebelajaran Udemy mayoritas berbayar, namun masih terjangkau termasuk ukuran pelajar Indonesia. Udemy juga menyedikan kursus gratis.

Namun kursus berbayar mempunyai kelebihan, yakni peserta kursus yang dapat menyelesaikan semua sesi akan mendapatkan sertifikat. Sertifikat Udemy sangat bermanfaat dalam pengembangan karir.

Udemy didirikan oleh Eren Bali, Oktay Caglar dan Gagan Biyani pada tahun 2010. Udemy berawal dari ketika Eren Bali membuat perangkat lunak untuk ruang kelas virtual saat di Turki. Melihat potensi kelas virtual membuat Bali tertarik untuk membawanya ke Sillicon Valley.Pada tahun 2014, Forbes memasukan Eren Bali sebagai “30 pemuda di bawah usia 30 tahun yang cemerlang”.

Beberapa kali ditolak oleh investor, membuat para pendirinya sempat mengembangkan produk. Pada tahun 2011, Udemy mulai mendapatkan kepercayaan investor dan mengumpulkan pendaan, mulai dari Groupon, 500 Startups, Insight Venture PartnersNorwest Venture Partners, dan lain-lain.

Pada tahun 2018, Udemy telah dipercaya oleh belahan pelajar di dunia dalam pengembangan keterampilan kerja. Udemy menyediakan lebih dari 100.000 kursus di situs. Bersama dengan Skillsdox Inc, Udemy membuka School of Skills di India. Jack Welch melalui Jack Welch Management institute (JWMI) Strayer University bekerja sama dengan Udemy mengembangkan MBA Online.

Selain menawarkan produk kursus online personal, Udemy juga menawarkan produk kursus untuk perusahaan, Udemy for Business yang memungkinkan perusahaan dapat meningkatkan kapasitas karyawannya dengan 2.000 lebih pelatihan mulai dari pemasaran digital, manajemen, pemrograman hingga produktivitas.

Aplikasi Udemy dapat diunduh melalui iOS, Android maupun Apple TV. Lihat tabel di bawah ini.

 

udemy platform

Apa Kata Mereka Terhadap Udemy

udemy testimonial

Tema Kursus Tersedia

Udemy menyediakan pelbagai tema dengan pelbagai topik kursus seperti di bawah ini:

 

  • Pengembangan diri
  • Bisnis
  • TI dan Perangkat Lunak
  • Produktivitas Kantor
  • Pemasaran
  • Gaya Hidup
  • Fotografi
  • Kesehatan dan Kebugaran
  • Musik
  • Pendidikan

 

Memulai Udemy

 

Step 1. Daftar dan Buat Akun

Masuk ke situs udemy kemudian daftar. Setelah itu periksa email kamu kemudian login lagi. Kelola profil kamu dengan menambhkan foto dan profil media sosial.

Step 2. Telusuri Tema Kursus

Udemy menyediakan pelbagai tema kursus dengan banyak topik. Pilih topik yang menarik dan sesuai dengan rencana kamu ingin belajar. Kamu juga bisa meminta rekomendasi pelbagai topik kepada Udemy.

Step 3. Bandingkan

udemy review

Ingin belajar Membuat Design Presentasi PPT, misalnya. Bandingkan beberapa topik yang sama.

Bagaimana cara mereview?

Ranting. Lihat ranting kursus. Semakin banyak rantingnya, berearti semakin bagus kualitas kursus.

Enroll. Berapa banyak yang sudah megambil kurus.

Preview. Lihat beberapa preview materi kursus yang dibawakan oleh instruktur.

Testimonial. Baca testimonial peserta yang sudah mengambil kursus.

Instruktur. Cek profil dan pengalaman instruktur. Gunakan bantuan google.

Step 4. Mulai Kursus

Pilih dan lakukan pembayaran. Selanjutnya kamu bisa memulai kursus. Oh ya jangan lupa baca ketentuan dan modulnya ya. Materi kursus tersedia dalam bentuk video dan materi sekunder yang lain.

Step 5. Rekam dan Catat

Jangan lupa, rekam selama kursus berlangsung dengan cara mencatat materi kursus baik secara manual atau memindahkan materi ke dalam PC. Sayangnya konten video Udemy tidak dapat didownload. Ini dilakukan oleh Udemy untuk mencegah pembajakan konten oleh pihak lain.

 

Sertifikat Pencapaian

Jika sudah menyelesaikan kursus (lihat gambar di bawah ini), kamu bisa mendapatkan sertifikat.

Sertifikat Udemy

udemy sertificated

Sertifikat dapat disimpan dalam bentuk jpg atau pdf sehingga memudahkan pengguna membagikan pencapaian kursus di facebook, Twitter, dan Linkedin langsung dari Udemy.

 

Kesimpulan

Udemy menyediakan pelbagai tema kursus yang dapat meningkatkan skill kamu. Belajar di Udemy sangat efisien, dan biaya yang dikeluarkan juga sangat murah. Kamu akan banyak mendapat manfaat dari Udemy, termasuk diantaranya adalah lencana sertifikat bisa menjadi portfolio kamu dalam situs Linkedin.