Tanggal 15 Maret 2019 lalu, saya mendapat surel dari Coursera. Pemberitahuan kursus yang paling popular Coursera. Kursus tersebut sangat menarik. Dapatkan informasi ini untuk meningkatkan sklill dan pengembangan karir Anda.

Anda tertarik untuk mendapatkan informasi ini?

Baiklah akan saya ulas.

Ke-12 kursus tersebut diantaranya adalah:


#1. Machine Learning

Machine Learning merupakan salah satu cabang ilmu dari Artificial Intellegeces (kecerdasan buatan) yang membahas bagaimana suatu mesin dapat menyelesaikan masalah tanpa deprogram ecara eksplisit menggunakan algoritma untuk mencerna rangkainan data, menganalisis dan mengambil kesimpulan.

Dewasa ini ilmu Machine Learning sangat dibutuhkan dalam dunia bisnis dan komputer. Teknologi Machine Learning telah menghasilkan self-driving car, pencarian web yang efektif, dan masih banyak lagi. Coursera menyediakan kursus Machine Learing dengan instruktur Professor Andrew Ng dari Universitas Stanford.

Dalam kelas ini, Anda akan belajar teknik Machine Learning paling efektif dan berlatih untuk menerapkannya. Keunggulan kursus ini selain dipandu oleh pakar dunia, juga Anda akan mempelajari praktik terbaik Silicon Valley dalam inovasi menggunakan Machine Learning.

 4 skill yang akan Anda pelajari:

  • Logistic Regression
  • Artificial Neural Network
  • Machine Learning (ML) Algorithms
  • Machine Learning

Ikut kursus.


#2. Introducing to Data Science in Pyhton

Data sciene merupakan ilmu melakukan proses analisis data menggunakan pelbagai cara dan algoritme untuk menemukan solusi suatu permasalahan. Data Science biasa digunakan oleh pembuat aplikasi/programmer mencari kebiasaan dan preferensi pengguna.

Dalam kursus ini, Anda akan mempelajari data science dengan tools python. Pelajar akan mengenal dasar-dasar pemrograman python, belajar manipulasi dan pembersihan data dengan menggunakan perpustakaan sains data python panda popular.

Jadi yang akan dipelajari oleh siswa: (1) fungsionalitas dan fitur Phython yang umum digunakan dalam ilmu data sicences; (2) distribusi, pengambilan sampel, dan uji-t; (3)  Struktur Data Frame Query; (4) Teknik lambdas dan manipulasi file csv.

Instruktur kursus ini adalah Dr Christopher Brooks. Dr Brooks adalah asisten Professor School of Information and Director of Learning Analytics and Research in the Office of Digital Education & Innovation University of Michigan.

Ikuti kursus


#3. Learning how to Learn: Powerful Mental Tools to help you Master Tough Subjects

Kursus ini akan memberi siswa akses mudah kepada teknik pembelajaran yang digunakan oleh banyak ahli di pelbagai bidang, seperti seni, music, sastra, matematika dan sains. Anda akan belajar bagaimana cara otak bekerja dan belajar. Selain itu And ajuga akan belajar tentang ilusi pembelajaran, teknik ingatan, praktik terbaik yang ditunjukkan oleh riset cara efektif dalam membantu setiap orang untuk menguasai pelajaran tertentu.

Kursus ini sangat cocok bagi seorang pendidik (guru, dosen, trainer, psikolog) yang ingin membantu siswanya mencapai hasil maksimal dalam belajar. Semua material tersedia dalam bentuk online, fleksibel dan ada Quisnya.

Sangat beruntung karena Anda akan dipandu langsung oleh intruktur ahli, Dr Barbara Oakley dan Dr Terrence Sejnowski. Dr Oakley adalah Professor of Engineering, Industrial & Systems Engineering, Oakland University dan McMaster University. Sedangkan Sejnowski adalah Francis Crick Professor at the Salk Institute for Biological Studies, Profesor Biologi UC San Diego, Direktur Institute for Neural Computation. Sejnowski adalah pelopor dalam ilmu saraf komputasi. Ia menerima gelar Ph.D dalam bidang fisika dari Universitas Princenton, dan mahasiswa pascadoktoral Departemen Neurobiological Harvard Medical School.

Ikuti kursus


#4. Google Cloud Platform Fundamentals

Kursus ini akan mengajarkan Anda tentang konsep dan terminology penting dalam bekerja dengan google Cloud Platform (GCP). Anda akan belajar tentang layanan komputasi dan penyimpanan yang tersedia di Google Cloud Platform, termasuk Google App Engine, Google Compute Engine, Google Kubernetes Engine, Google Cloud Storage, Google Cloud SQL, dan BigQuery

Anda akan mendapatkan skill Google Compute Engine, Google App Engine (GAE), Google Cloud Platform, dan Cloud Computing. Kursus ini sangat cocok untuk Sofware Engineering, programmer web dan praktisi yang bekerja dalam bidang teknologi/startups. Instruktur langsung di isi dari Google Cloud Training.

Ikuti kursus


#5. Programming for Everybody (Getting Started with Phython)

Kursus ini ditujukan kepada siapapun yang ingin memelajari dasar-dasar pemrograman komputer menggunakan Python. Kursus membahas dasar-dasar bagaimana seseorang membangun program dari serangkaian instruksi sederhana dengan Python. Untuk bisa mengambil kursus ini, Anda harus menguasai ilmu matematika dasar. Jika selesai menyelesaikan kursus ini, Anda bisa mengambil kursus Python 3.

Dalam kursus ini Anda kan mendapatkan skill: Phthon Syntax and Semantic, Basic Programming Language, Computer Programming, Python Programming.

Professor Charles Severance dari Universitas Michigan akan menjadi instruktur kursus ini. Severance adalah Professor Klinis Sekolah Informasi Michigan University yang telah banyak menulis buku termasuk Google App engine, dan Python. Severance memperoleh gelar BS, MS hingga Ph.D dalam ilmu komputer di Michigan State University.

Ikuti kursus


#6. Neural Networks and Deep Learning

Anda yang saat ini sangat intens dalam mempelajari artificial intelligence (ai), khususnya tentang Deep Learning? Kursus ini sangat cocok Anda ikuti. Deep Learning atau Pembelajaran Struktural Mendalam merupakan salah satu cabang dari Machine Learning yang menjadi salah satu metode implementasi machine learning yang biasa digunakan untuk meniru cara kerja otak manusia menggunakan artificial neural network atau jaringan nalar buatan.

Yang akan Anda pelajari daam kursus ini diantaranya adalah: Tren teknologi Deep Learning; Membangun, melatih dan menerapkan jaringan saraf; Menerapkan jaringan saraf  yang efisien; Memahami parameter kunci arsitektur jaringan saraf; dan mengimplementasikan dalam sistem/aplikasi Anda sendiri.  Jadi, ada empat skill yang akan Anda dapat: (1) ArtificialNeural Network, (2) Backpropagation, (3) Python Programming, (4) Deep Learning.

Siapa yang menjadi instruktur? Nah ini yang di tunggu. Tiga instruktur yang snagat dikenal di dunia akan menemani Anda. Pertama, Professor Andrew Ng, pakar ai dari Universitas Stanford sekaligus pendiri situs pembelajaran AI, deeplearning.ai . Andrew Ng akan dibantu oleh Younes Bensouda Mourri dari Mathematical & Computattional Sciences, Stanford University dan Kian Katanforoosh, Lecture Computer Science Stanford University.

Ikuti kursus


#7. The Science of Well Being

Science of Well-Being mengajarkan kepada siswa tentang ilmu psikologi, khususnya tentang ilmu kebahagiaan. Tujuan dari kursus ini adalah untuk mempelajari tentang riset kebahagiaan, juga mempraktikkan strategi cara meraihnya. Sangat cocok diikuti oleh Psikolog, Psikiater atau praktisi bimbingan konseling.

Instruktur dalam kursus ini adaah Laurie Santos. Laurie Santos adalah Profesor of Psychology and Head of Siliman Residential College at Yale University. Ia meraih gelar BA dalam ilmu psikologi dan biologi dari Harvard. Dan Ph.D dalam ilmu psikologi dari Universitas yang sama.

Ikuti kursus


#8. Introduction to Psychology

Kursus Introduction to Psychology akan membantu Anda dalam memahami pelbagai eksperimen dalam bidang psikologi, terutama tentang pikiran manusia dan perilaku manusia. Sangat cocok untuk diikuti oleh psikolog atau mahasiswa psikologi. Kursus akan dipandu oleh Steve Joordens. Steve Joordens adalah Professor Psikologi Universitas Toroto Kanada. Anda akan mendapatkan skill: (1) Psychological Issues, (2) Psychology Social, (3) Psychology, dan (4) Mental Illness

Ikuti kursus


#9. What is Data Science

Data Science atau ilmu data adalah disiplin ilmu yang secara khusus mempelajari data, khususnya data kuantitatif (numerik) baik yang terstruktur maupun yang tidak. Data Science bagian dari Big Data yang saat ini lagi popular. Data Science sangat dibutuhkan oleh perusahaan teknologi seperti strat up. Peluang karirnya sangat terbuka lebar. Bagi Anda yang tertarik ilmu ini bisa mengikuti kursus Data Science yang akan diberikan dari mulai basic. Kursus ini akan dipandu oleh ilmuwan data science dari IBM, seperti Dr Alex Aklson dan Polong Lin.

Ikuti kursus


#10. Financial Markets

Kursus ini Anda kan mempelajari tinjauan umum tentang ide, metode, dan institusi yang memungkinkan masyarakat/institusi/perusahaan dapat mengelola risiko dan menumbuhkan perusahaan. Penekanan pada keterampilan kepemimpinan yang aspek keuangan. Anda akan mepelajari pengantar manajemen risiko dan prinsip-prinsip keuangan perilaku untuk memahami fungsi dunia nyata dari sekuritas, asuransi, dan industri perbankan.

Kursus ini akan dipandu oeh Robert J Shiller. Shiller adalah Sterling Professor of Economics, Departemen Ekonomi Yale University. Ia mendapatkan gelar BA dari Universitas Michigan dan Ph.D dalam ilmu ekonomi dari MIT. Shiller adalah seorang ekonom peraih nobel bidang ekonomi pada tahun 2013.

Nah! dengan mengikuti kursus ini, Anda akan langsung belajar pada peraih nobel. Sangat cocok bagi mahasiswa ekonomi atau studi ekonomi pembangunan.

Ikuti kursus


#11. Technical Support Fundamentals

Bagi mereka yang berkecimpung dalam Technical IT support, kursus ini snagat cocok utuk diikuti. Kursus ini bertujuan untuk mempersiapkan pelajar dalam perannya sebagai spesialis IT support tingkat pemula. Anda akan belajar tentang perangkat keras komputer, internet, perangkat lunak komputer, pemecahan masalah, dan layanan pelanggan.

Pada akhirnya Anda akan dapat pengetahuan tentang: cara kerja sistem biner, merakit komputer dari awal, install sistem operasi komputer, memahami internet. Instruktur semua dari Google.

4 Skill yang kan Anda dapat:

  • Binari Code
  • Customer Support
  • Linux
  • Troubleshooting

Ikuti kursus


#12. English for Career Development

Kursus ini akan membantu Anda dalam meningkatkan skill berbahasa Inggris khususnya dalam pengembangan karir. Skill yang akan Anda dapat adalah: Communication, English Language, Career Development, Writing. Instruktur adalah Brian McMacnus dan Robyn Turner dari Penn University.

Ikuti kursus


Kesimpulan

Beberapa kursus popular coursera di atas sangat berkualitas. Tentunya dapat meningkatkan skill dan pengembangan karir Anda. Anda bisa mengikuti beberapa kursus di atas gratis dengan mengajukan finansial aid. Jika tidak dapat persetujuan Anda cukup mengeluarkan biaya bulanan sebesar $39 atau kalau dikurskan sebesar +/- 550K (Kurs April 2019). 

Jadi, ambil kesempatan di atas untuk mengembangkan karir Anda.