Suatu hari pak Fajar kebingungan memikirkan media belajar apa yang harus dia gunakan untuk mengajar esok hari. Apalagi ia harus mengajar di kelas pararel. Meski pak Fajar bisa internet, tetap saja belum ada satupun ide yang nyangkut dikepalanya.

 

Pak Fajar mengambil tab kemudian browshing internet dengan membuka situs mesin pencahri (baca Google). Dari hasil browshing tersebut ia menemukan media bernama Adobe Spark. Pak Fajar tertarik dengan Adobe Spark, sejurus kemudian ia mempelajari aplikasi pintar buatan Adobe Inc tersebut.

 

Kehadiran aplikasi terbaru bernama Adobe Spark tidak hanya membantu bagi pegiat media sosial, enterpreneur, namun juga bagi pendidik. Adobe Spark mempunyai banyak manfaat.

 

Adobe Spark merupakan rangkaian aplikasi terpadu yang bisa digunakan untuk mobile (iPad, iPhone) dan Dekstop (Web) yang dikembangkan oleh Adobe Systems.

 

Kelebihan Adobe Spark adalah Sync dengan server Adobe. Jadi pengguna harus mempunyai akun di adobe kemudian semua project yang kita kerjakan akan tersimpan dalam sistem cloud. Karena tersimpan dalam sistem cloud, kita bisa mengakses di manapun dan kapanpun.

 

Selain itu Adobe Spark bersifat gratis. Namun sayangnya, aplikasi yang dikeluarkan oleh perusahaan Adobe ini belum bisa di unduh pada Android dan belum bisa digunakan melalui sistem offline. Sementara Adobe Spark hanya bisa digunakan dalam iPhone/iOs saja, dan tentunya juga masih terbatas dalam aplikasi dekstop online.

 

Berhenti sejenak!

 

Adobe.

 

Adobe atau Adobe Systems adalah perusahaan perangkat lunak yang bergerak di bidang grafis, animasi, video dan pengembangan web. Di dirikan di San Jose, California, AS pada tahun 1982 oleh John Warnock dan charles Gescke, mantan pegawai Xerox PARC.  Adobe system sampai saat ini mempunyai karyawan berjumlah sekitar 15.000 di seluruh dunia. Diantara produknya yang terkenal adalah: Adobe Illustration, Adobe Photoshop, Adobe After Effect, Adobe Premier, Adobe Animation/Adobe Flash, Adobe Spark dan masih banyak lagi.

 

Layanan Adobe Spark

 

Ada tiga produk utama Adobe Spark, diantaranya:

 

Pertama, Adobe Spark Page.

 

Adobe Spark Page membantu pengguna untuk membuat cerita dalam bentuk web berjalan, bergaya seperti majalah atau buletin online. Pengguna bisa dengan mudah untuk mengedit dengan merubah teks dan citra dengan visual yang tinggi.

 

Kedua, Adobe Spark Post.

 

Adobe Spark Post membantu pengguna dalam membuat sosial grafis profesional sederhana dengan cepat. Adobe Spark menyediakan banyak fitur dan template sehingga pengguna tinggal drag beberapa tombol yang sudah disediakan.

 

Ketiga, Adobe Spark Video.

 

Membantu pengguna dalam membuat video animasi sederhana dalam hitungan menit. Adobe Spark menyediakan bentuk teks, template dan pelbagai tema. Sistem kerja mirip presentasi. Selain itu Adobe Spark juga menyediakan beberapa background suara.

 

Dampak dan Menginspirasi

 

Pengguna yang telah membuat project pada Adobe Spark bisa membagikan hasil project mereka ke pelbagai media sosial, seperti: facebook, linkedin, instagram, google+, dan aneka rupa sosial media yang lain.

 

Berbagi pengalaman atau project bisa menciptakan impact yang luar biasa; bagi orang-orang terdekat, teman, partner bisnis, atau siswa. Adobe Spark salah satu tools yang cocok bagi siapa saja yang ingin berbagi impact kepada semua orang. Apalagi Adobe Spark menyediakan inspiration gallery dengan pelbagai tema. Di sana semua orang bisa melihat dan saling menginspirasi.

 

Manfaat Adobe Spark Dalam Dunia Pendidikan.

 

Poster Keren

 

Adobe Spark sangat bermanfaat bagi guru. Guru bisa membuat poster sederhana, baik poster kelas, perpustakaan, maupun laboratorium. Dengan menggunakan Adobe Spark Pos, seorang guru dapat membuat poster dengan tampilan visual yang keren, apalagi guru dimudahkan dalam membuatnya. Tidak harus pandai design grafis, karena Adobe Spark menyediakan pelbagai fitur.

 

Video Dokumentasi.

 

Proses kegiatan pembelajaran akan nampak bermakna jika dapat terdokumentaiskan. Seorang guru bisa mendokumentasikan pelbagai kegiatan pembelajaran dengan mudah. Cukup berbekal smartpohone atau kamera, guru bisa membuat video dan membagikan ke youtube atau pelbagai situs media sosial.

 

Project Siswa

 

Atau guru bisa mengajak siswa untuk membuat project bersama dengan tema-tema tertentu. Semisal: Project Pengamatan Tumbuhan pada mata pelajaran IPA atau Sains. Guru mengajak siswa untuk melakukan pengamatan bersama-sama, kemudian mendokumentasikan dalam kamera. Terakhir, guru menugaskan siswa untuk menjadikan dokumentasi kegiatan pengamatan ke dalam format video menggunakan Adobe Spark, dan membagikan kepada yang lain. Hasil karya siswa ini menjadi bagian dari penilaian project.

 

Bagaimana detil memrencanakan pembelajaran berbasis Project menggunakan Adobe Spark?. Berikut ini sedikit saya jelaskan step by step:

 

Tahapan Pembejaran Berbasis Proyek dengan Adobe Spark

 

Step 1

 

Buat rencana pembelajaran berbasis project ke dalam sebuah perangkat pembelajaran (tertulis dan resmi). Misalnya matpel adalah tentang Tumbuhan. Perangkat Pembelajaran memuat Kompetensi yang akan digapai, tujuan, indikator, materi pelajaran, metode, sarana-prasarana, proses pembelajaran, dan instrumen penilaian.

 

Step 2

 

Rencanakan dengan benar langkah-langkah implementasi pembelajaran yang tertuang dalam perangkat pembelajaran, terutama terkait langkah-langkah dan alokasi waktu.

 

Step 3

 

Dengan petunjuk perangkat pembelajaran yang telah dibuat, ajak anak-anak untuk melakukan pengamatan di luar, sambil membaca catatan dan piranti dokumentasi, seperti smartphone atau kamera. Tidak lupa (jika terbagi kelompok), beri masing masing penugasan bagi anggota kelompok.

 

Step 4

 

Dampingi siswa ketika terjun ke lapangan. Ingatkan, bahwa ada salah satu anggota kelompok yang bagian mencatat, dan mendokumentasikan.

 

Step 5

 

Setelah kegiatan dilapangan selesai, siswa kembali ke kelas. Masing-masing kelompok berdiskusi, membuat laporan dengan bantuan Adobe Spark.

 

Step 6

 

Setelah selesai, masing-masing kelompok mempresentasian kepada teman-temannya yang lain. Masing-masing kelompok dimintai pendapat terkait hasil project temannya. Terakhir guru meminta kepada siswa untuk membagikan hasil project mereka ke media sosial.

 

Menarik bukan?.

 

Gallery Online

 

Sesuatu yang menyenankan jika seorang guru bisa mendokumentasikan semua karya siswanya. Tentunya dengan Adobe Spark, semua karya/project siswa dan pelbagai kegiatan pembelajaran di kelas dapat tersimpan secara rapi, dengan model cloud. Guru dapat membagikan kepada wali murid. Saya yakin setelah melihat dokumentasi tersebut, wali murid akan senang bukan main.

 

Panduan Pelbagai Design.

 

Adobe Spark menyediakan fasilitas berupa panduan dan langkah-langkah dalam membuat pelbagai design, seperti membuat banner, layout brosur, kartu undangan, youtube channel, youtube thumbnail, cover album, cover buku, cover majalah, flyers ulang tahun, pesta dan masih banyak lagi.

 

Demikian panduan menggunakan Adobe Spark. Mau mencoba? Silahkan langsung meluncur ke laman Adobe Spark.

 

 

Noted:

 

Artikel pertama kali dipublikasikan di blog guruproduktif kemudian diperbaharui di laman ini.