Harapan yang disematkan kepada pundak guru semakin besar. Semuanya berharap bahwa kualitas pendidikan kita bisa menjadi lebih baik, di tangan para guru. Undang-undang (UU) No.14 tahun 2005 tentang guru dan dosen, telah memberikan amanat bahwa guru adalah sebuah profesi. Dengan amanat tersebut, kualitas guru terus digenjot kualitasnya dengan pelbagai program dan kompensasi.

Ada setumpuk pekerjaan yang telah menanti para guru. Selain mengajar, guru dituntuk untuk meningkatkan kualitasnya dengan produktivitas menghasilkan pelbagai karya, mulai dari pengembangan diri hingga membuat publikasi ilmiah.

 

Memaknai Produktivitas

 

Produktivitas menurut kamus KBBI adalah kemampuan untuk menghasilkan sesuatu; daya produksi; keproduktifan. Produktivitas tidak sekedar memenuhi waktu kita dengan pelbagai pekerjaan atau kesibukan. Harus kita pahami bahwa seseorang yang sibuk, belum tentu bisa dikatakan sebagai produktiv.

Kita bisa dikatakan produktiv jika kita dapat menghasilkan sesuatu (produk atau karya). Guru produktiv itu seperti apa?. Pertanyaan menarik. Guru produktif tidak hanya disibukan dengan aktivitas mengajar. Ia juga telah menghasilkan karya.

 

Karya Guru Produktif Meliputi:

  • Perangkat pembelajaran.
  • Media pembelajaran.
  • Karya Tulis Ilmiah.
  • Alat Peraga.
  • Gagasan Pembelajaran Inovatif.

 

Produk Google Aps

 

Doug Belshaw dalam artikelnya yanng berjudul, “7 ways to improve your productivity as a teacher” memberikan salah satu tips meningkatkan produktifitas guru, salah satunya adalah dengan  menggunakan google docs untuk menjaga skema pekerjaan, membuat jadwal pelajaran dengan google calendar, dan sebagainya.

Penggunaan aplikasi seringkali sangat dibutuhkan untuk memudahkan seseorang dalam meningkatkan produktivitas, termasuk guru. Aps bisa membantu seseorang meningkatkan efisiensi kerja, mengatur scedule sehari-hari dan mempermudah dalam penyampaian pesan atau sebuah pelajaran.

Google tidak sekedar sebuah mesin pencahri, namun google adalah sebuah teknologi yang bisa membantu seseorang dalam banyak aspek kehidupan. Beberapa produk Google (saya menyebutnya dengan Google Aps), yang akan memudahkan sekaligus meningkatkan produktifitas guru.

Berikut saya ulas sedikit Google Aps tersebut dan manfaatnya bagi guru:

 

Google Chrome.

Google Chrome sebuah peramban web yang pertama kali dirilis pada tanggal 2 September 2008 menggunakan 43 bahasa, dan bisa digunakan dalam sistem Mac OS X dan Linux (tentunya Microsoft Windows). Fungsi dari Google Chrome sama dengan Mozilla dan Opera. Namun Google Chrome mempunyai keunggulan daripada yang lain, salah satunya adalah Google Chrome bisa mengakses produk turunan Google yang lain, Chrome Web Store.

 

Google Search.

Google Search sebuah mesin pintar yang akan membantu guru dalam menemukan sebuah jawaban pelbagai persoalan. Google Search, mesin pencari yang paling banyak digunakan di dunia maya.

 

Gmail.

Gmail merupakan surel (surat elektronik) buatan Google. Diluncurkan adalam 1 April 2004 hingga saat ini pengguna aktif mencapai 425 juta. Gmail menyediakan kapasitas penyimpanan lebih dari 7.538 megabyte dan terus bertambah. Gmail sampai saat ini digunakan oleh mayoritas kalangan pendidik. Kelebihan Gmail adalah, Gmail dilengkapi teknologi pencarian Google yang akan memudahkan pengguna mencari sesuatu dari email mereka. Selain itu, Gmail juga terintegrasi dengan produk turunan Google yang lain.

 

Google Hangouts.

Google Hangouts merupakan sebuah platform komunikasi, termasuk perpesanan instan, percakapan video, SMS dan lain-lain. Google hangouts memudahkan guru dalam berkomunikasi jarak jauh. Hangouts dapat diakses dalam Gmail maupun Google+.

 

Google+

Google+ atau Google Plus merupakan jejaring sosial buatan Google yang diluncurkan pertama kali pada tahun 2011. Google+ mengintegrasikan layanan sosial seperti Hangouts, Sparks, dan Huddles. Dengan Google+, guru bisa membangun Professional Learning Network (PLN).

 

Youtube.

Youtube, sebuah produk Google (awalnya adalah buatan 3 mantan karyawan paypal yang kemudian diakuisisi oleh Google pada tahun 2005) yang memungkinkan pengguna, atau guru melihat sekaligus berbagi video. Youtube saat ini telah digunakan oleh pelbagai orang diseluruh dunia dalam mencari sebuah informasi (how to). Guru bisa menggunakan Youtube sebagai sumber referensi atau sumber belajar.

 

Google Drive.

Google Drive adalah layanan penyimpanan online yang dilucurkan pertama kali pada 24 April 2012. Google drive memberikan layanan penyimpanan gratis sebesar 15 GB (dapat ditambahkan dengan pembayaran tertentu). Google Drive terintegrasi dengan Google Docs dan aps yang lain. Google Drive sangat bermanfaat bagi guru, terutama dalam menyimpan pelbagai dokumen administrasi.

 

Google Docs.

Google Docs terdiri dari Google Document, Google Spreadsheet, Google Form, Google Drawing, dan Google Slide yang akan memudahkan para pengguna dalam mengolah kata, angka, presentasi dan membuat survei atau Quiz. Produk google ini sangat membantu guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.

 

Google Calendar.

Google Calendar adalah aplikasi web pengelolaan waktu yang diluncurkan pertama kali pada tahun 2006. Dengan google calendar, guru bisa memanage waktu mereka, membuat perencanaan bulanan, membuat agenda pertemua, hingga sebagai tools self remender.

 

Google Keep.

Google Keep, layanan aplikasi catatan sederhana. Google keep tersedia di web, sistem android dan IOS. Google keep bisa membantu guru membuat catatan kecil, saat rapat, maupun seminar misalnya.

 

Google Groups.

Google Groups menyediakan layanan untuk kelompok diskusi untuk pengguna yang memiliki kepentingan bersama. Guru dapat menggunakan Google Groups sebagai media komunikasi antar teman sejawat.

 

Google Clasroom.

Produk ini lebih komplet. Guru bisa memanfaatkan Google Clasroom untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Google Classroom merupakan serambi (ruang kelas digital) pembelajaran yang diperuntukan bagi pengguna yang concern dalam bidang pendidikan. Google Clasroom mempertautkan dengan banyak layanan google yang lain, seperti Google Drive, Google Docs, dan Google calendar.

 

Google Maps.

Google Maps adalah layanan pemetaan web yang mempunyai fasilutas citra satelit, peta jalan, panorama, kondisi lalu linta shingga perencanaan rute bepergian. Goole maps bisa digunakan oleh guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dalam mata pelajaran geografi atau ilmu sosial.

 

Google earth.

Mirip dengan Google Maps, Google Earth lebih luas. Google Earth merupakan globe virtual yang memungkinkan pengguna melakukan pemetaan bumi, satelit, dan fotografi. Aplikasi ini bisa digunakan oleh guru dalam mata pelajaran geografi, ilmu sosial maupun sains.

 

Google Sites.

Google Sties merupakan aplikasi wiki terstruktur untuk membuat situs web pribadi maupun lembaga. Situs yang dibuat akan memiliki alamat url sites.google.com/site/username. Google sites sangat membantu para guru karena Google sites memberikan fasilitas pengguna terhubung dengan fasilitas google yang lain, seperti docs, google calendar, yotube dan picasa.

 

Google Scholar.

Google scholar merupakan mesin pencari yang berfungsi untuk mengakses/indeks teks literatur ilmiah dalam pelbagai penerbitan dan disiplin ilmu. Bagi guru yang suka menulis karya ilmiah, Google Scholar sangat membantu.

 

Google Translete.

Google Translete layanan terjemahan multi bahasa. Pengguna bisa menggunakan google translete secara gratis. Google translete saat ini bisa di akses melalui Android dan iOS.

 

Chrome Web Store.

Chrome Web Store atau Toko Web Chrome adalah aplikasi web yang menempel atau terintegrasi pada Google Chrome. Aps ini memungkinkan pengguna untuk menginstal dan menjalankan pelbagai aplikasi web untuk browser Google Chrome.

 

Demikian ulasan terkait Google Aps yang bisa membantu guru dalam meningkatkan produktivitas. Jika ingin memperdalam terkait Google Aps, kamu bisa mengikuti artikel di blog ini. Atau bisa juga berlangganan dengan mendaftarkan email kamu. Semoga bermanfaat!.