Google Calendar merupakan aplikasi manajemen waktu dan penjadwalan berbentuk seperti kalender yang dikembangkan oleh perusahaan teknologi internet terkemuka, dan menjAdi bagian dari Produk Google. Google kalender dikembangkan oleh salah satu insinyurnya bernama Kevin Fox, yang dikenal sebagai perancang antarmuka Gmail, dan Google Reader.

Google Calendar pertama kali dirilis pada 13 April 2006 dalam versi beta. Kemudian diluncurkan versi web pada tahun 2009. Secara berturut-turut aplikas ini kemudian tersedia dalam versi Android dan iOS,

 

Melalui Google Calendar, pengguna dalam membuat penjadwalan acara sekaligus mengeditnya. Tidak hanya itu, Google Calendar juga bisa mengingatkan pengguna terhadap agenda-agenda pentint yang telah ditandai. Seiiring dengan waktu, Google Kalender terhubung dengan Gmail.

 

Tidak berhenti disitu saja, Google Calender juga menawarkan fitur:

 

  • Pemilihan zona waktu untuk suatu peristiwa.
  • Fitur acara dari Gmail. Di mana pengguna secara otomatis ditambahkan ke dalam google kalender.
  • Fitur pengingat. Fitur pengingat terkoneksi dengan inbox Gmail. Google Now, dan Google Keep.
  • Fitur sasaran. Fitur sasaran membantu pengguna dalam menyelesaikan pelbagai agenda kegiatan. Fitur sasaran terhubung dengan Google Fit.
  • Kalender Keluarga. Membantu pengguna untuk membuat acara keluarga.

 

Manfaat bagi Guru.

 

Apa fungsi dan manfaat aplikasi ini bagi guru profesional?

 

Pertama, Memperbaiki Rutinitas Harian

Guru Profesional harus pandai dalam memanajemen waktu. Manajemen waktu yang baik akan membantu guru dalam memperbaiki rutinitas hariannya.

 

Studi Kasus.

Pak Firman adalah seorang guru produktif SMK. Selain mengajar, pak Firman mendapat tugas tambahan sebagai wakil kepala sekolah bidang kesiswaan. Dalam satu pekan ini, agenda pak Firman berjubel, mulai dari mengajar, membuat pertemuan dengan beberapa instansi/lembaga, menyiapkan siswa dalam ajang FLS2N, hingga mensosialisasikan bahaya narkoba kepada seluruh siswa Bersama dengan BNN setempat.

Agar rutinitas sepadat pak Firman bisa berjalan dan tertata dengan baik, pak Firman harus membuat daftar list agenda harian sehingga dalam satu pekan, semua agenda berjalan mulus. Google Calendar akan banyak membantu semua agenda pak Firman di atas.

 

Kedua, Meningkatkan Produktivitas

Seseorang yang bisa menata waktunya dengan baik mempunyai peluang lebih besar dalam mewujudkan segala rencana yang telah dibuat. Tolak ukur produktivitas dapat dilihat dari sejauh mana seseorang/lembaga dapat membuat produk, mengeksekusi sebuah rencana. Semakin bagus manajemen waktu seseorang guru, maka produktivitas guru tersebut akan semakin terlihat. Google Calendar adalah satu satu alat yag dapat membantu guru dalam meningkatkan produktivitas.

 

Ketiga, Berkolaborasi Bersama Tim

Menangani proyek besar membutuhkan sumber daya yang tidak sedikit, sekaligus manajemen proyek yang tidak gampang. Seperti bu Rini yang mendapat amanah sebagai ketua panitia Workshop Sekolah Aman Bencana di sekolahnya. Workshop tersebut melibatkan banyak Lembaga, seperti Polres, MDMC, BPBD, tokoh masyarakat sekitar, Puskesmas di wilayahnya, dan lain-lain.

Bu Rini menggunakan Google Calendar demi menyukseskan rencananya. Mengundang semua tim yang terlibat dalam rapat-rapat kecil, mengajak semua tim menentukan schedule acara dan mempublikasikan hasil pertemua tersebut dalam aplikasi Google Calendar dan Google Keep. Tidak lupa, bu Rini memberi akses kepada semua tim untuk melihat Google Calendar. Semua anggota tim diberi wewenang untuk mengomentari schedule yang telah dibuat dan tidak lupa untuk saling mengingatkan.

 

Memaksimalkan Google Calendar

 

Bagaimana Google Calendar fungsi dan manfaatnya bisa maksimal?

Tips kecil ini akan membantu memaksimalkan Google Calendar.

 

Pertama, Membangun Budaya

Mulailah untuk menata waktu sedini mungkin meskipun Anda (saat ini) tidak menjadi manusia yang super sibuk. Dengan mulai dari hal yang sederhana, dan tidak menunda-nunda, kebiasaan untuk selalu merencanakan manajemen waktu sedikit demi sedikit pasti akan terbentuk. Jika dalam waktu sepekan kita tidak berinteraksi dengan Google Calendar, kita akan merasa kehilangan sesuatu. Mulailah berinteraksi dengan Google Calendar dengan membuat akun google.

 

Kedua, Mulai dengan sedikit

Jangan langsung mencoba Google Calendar harian secara full. Mulai sedikit dengan membuat perencanaan pekanan agenda-agenda prioritas. Rumusnya adalah bertahap dengan mengagendakan kegiatan prioritas terlebih dahulu.

 

Ketiga, Buat Tampilan Semenarik Mungkin

 

 

Bedakan setiap agenda dengan warna yang berbeda. Google Calendar menyediakan fasilitas bagi pengguna untuk memberikan warna masing-masing agenda yang sudah direncanakan.

 

Semisal:

 

Warna Merah          : Kegiatan Kedinasan Mendesak/Deadline

Warna Kuning         : Kegiatan Kedinasan diluar prioritas penyelesaian

Warna Biru              : Family Time

Warna Hijau            : Janjian/pertemuan

 

Lihat hasilnya di bawah ini

Keempat, Kolaborasi Tim

Schedule mata pelajaran harian yang telah dibuat oleh guru pindahkan ke dalam Google Calendar, kemudian undang semua siswa agar bisa mengakses schedule yang telah dibuat oleh guru. Jangan lupa untuk aktivkan pengingat. Lakukan juga untuk agenda-agenda kegiatan yang harus dikolaborasikan

 

Kelima, Menambahkan Cuaca

Kehebatan Gogle Calendar lainnya adalah pengguna bisa menambhakan fitur cuaca. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Langkah-1: Copykan code sebagai berikut https://ical.wunderground.com/auto/ical/57702.ics

Langkah-2: Sebelah kiri Google Calendar click symbol + pilih From URL

Langkah-3: Masukan kode di atas ke link.

Selesai. Lihat gambar di bawah ini

Keenam, ToDo List

Google Taks

Google Calendar terintegrasi dengan Google Taks yang membantu pengguna untuk membuat list pengingat segala aktivitas. Google Taks sangat sederhana dan banyak membantu pengguna Google Calendar.

 

Ketujuh, Pencarian Cepat

Kita pasti akan dihadapan pada situasi alpa. Di mana kita sudah membuat event schedule, namun tiba-tiba alpa. Untuk mengatasi situasi ini, pengguna bisa langsung searching dengan menuliskan kata kunci events yang dimaksud.

Google Calendar menyediakan notifikasi (pengingat) pada telepon pintar baik Android maupun iOS. Bagi Pengguna awam tentang dasar Google Calendar, bisa download guide di bawah ini.

 

Platform Google Calendar dirancang untuk semua profesi, khususnya guru. Keberadaan perangkat ini mempunyai banyak manfaat bagi dunia pendidikan seperti yang telah kami sebutkan di atas.

Oh ya!, Google Calendar akan selalu mengingatkan penggunanya melalui telepon pintar, baik Android maupun iOS, jangan khawatir.

Terimakasih, selamat menikmati artikel kami.