Panduan Mind Map ini peruntukan untuk siapa? Kami menuliskan panduan ini untuk:

 

  1. Seseorang entrepreneur yang menginginkan inovasi dalam menjalankan bisnisnya.
  2. Seorang tenaga pendidik yang menginkan adanya perubahan di dalam kelas dan sekolah, tempat ia bernaung.
  3. Dan untuk siapa saja yang menginkan sebuah perubahan untuk kehidupan dengan membawa ide-ide segar dan kreatif untuk diri mereka sendiri, institusi atau organisasinya.

Ada beberapa pembahasan dalam topik Panduan Menggunakan Mind Map ini. Saya bagi menjadi:

Bagian Pertama, Pengantar Mind Map

Bagian Kedua, Manfaat Mind Map

Bagian Ketiga, Langkah-langkah Menggunakan Mind Map

Bagian Keempat, Mind Map dalam dunia Bisnis

Bagian Kelima, Mind Map untuk Guru

Bagian Keenam, Mind Map Tools

Bagian Ketujuh, Kiat Membangun Kreativitas dengan Mind Map

 


Bagian Pertama, Pengantar Mind Map

 

Beberapa tokoh terkenal menggunakan Mind Mapp untuk bekerja dan menghasilkan karya-karya besar. Saya  akan menyebut beberapa diantara mereka, seperti Leonardo da Vinci dan Richard Feynman seperti yang disebutkan oleh Tony Buzan.  Pakar kreativitas, Michael Gelb mengumpulkan dan mengamati karya-karya kreatif da Vinci yang berakar dari pemikiran visual -menampilkan struktur percabangan dengan banyak sketsa, doodle dan beberapa kata kunci. Pemenang hadiah nobel dalam bidang fisika, Richard Feynman terbiasa menggunakan catatan visual mind mapping dalam kesehariannya, termasuk ketika mengajar mahasiswanya di Caltech. Metodologi fisikawan teoritis tersebut hingga kini dikenal dengan Feynman Technique.

 

Apa sebenarnya Mind Map atau peta pikiran itu?

 

Mind Map adalah cara efektif untuk mendapatkan informasi masuk dan keluar dari otak Anda. Mind Map atau peta pikiran adalah cara kreatif dan logis untuk mencatat/membuat catatan atau memetakan ide-ide yang berserakan. Mind Map dapat juga kita definisikan sebagai diagram yang digunakan untuk mengatur informasi secara visual. Mind Map bersifat hierarkis dan menunjukkan hubungan di antara potongan-potongan keseluruhan. Mind Map memiliki struktur yang memancar dari pusat dan menggunakan garis, symbol, kata-kata, warna dan gambar sesuai dengan konsep sederhana ramah otak.

 

Dengan kata lain, Mind Map merupakan alat pemikiran visual yang dapat diimplementasikan untuk semua fungsi kognitif, memori, pembelajaran, ideation, kreativitas dan analisis.

 

Peta pikiran atau Mind Map dipopulerkan oleh psikolog Inggris kelahiran Middlesex tahun 1942, Tony Buzan. Buzan menyelesaikan studinya di Universitas British Columbia, kemudian melanjutkan di Simon Fraser University. Karyanya terbesar adalah pelopor dalam metode peta pikiran hingga ia pun mendirikan perusahaan peta pikiran bernama iMindMap pada tahun 2006.

 

Para ahli ramai-ramai mengatakan, bahwa Mind Map adalah alat kreatif yang ramah otak. Apa alasannya?

 

Jawabnya ..

 

Cara kerja otak sangat natural sekaligus mempunyai kemiripan dengan cara kerja mind map.

 

Apa alasannya? …

 

Pertama

 

Ketika kita menyentuh bunga mawar, mendengarkan musik instrumental apa yang terjadi dengan otak Anda? Jawabnya, setiap bit informasi yang memasuki otak, setiap sensasi, ingatan atau pikiran, yang menggabungkan setiap kata, angka, warna, aroma, dan gambar dapat dipresentasikan sebagai bola sentral yang memancarkan puluhan bahkan ribuan bit atau kaitan. Setiap hook mewakili sebuah asosiasi, setiap asosiasi memiliki array tautan dan koneksi tak terbatas. Mind Map adalah sebuah manifestasi dari kemampuan pemrosesan informasi raksasa dan kapasitas pembelajaran dari olah informasi otak ini.

 

Kedua

 

Peta Pikiran dibuat lebih kuat dengan menggunakan semua alat pemikiran otak kiri dan kanan, yang dapat meningkatkan kejelasan, struktur, dan pengaturan pikiran Anda. Hal ini disebabkan karena Peta Pikiran secara konstruktif menggunakan alat-alat Imajinasi, Asosiasi, dan Lokasi, serta alat-alat otak kiri dan kanan. Mind Map membantu otak membuat lompatan pengertian dan imajianasi besar melalui asosiasi.

 

Penelitian tentang Mind Map

 

Studi yang dilakukan oleh The National Reading Panel (NRP) pada tahun menunjukkan bahwa penggunaan alat organisasi visual adalah salah satu 7 cara paling efektif untuk meningkatkan retensi siswa. Cunningham (2005) melakukan studi di mana 805 dari siswa menggunakan metode Mind Map telah mendapatkan manfaat darinya. Hal serupa juga dihasilkan dari hasil riset terkait Mind Map di belahan dunia. Farrand, Hussain dan Hennessy (2002) yang menemukan bahwa mahasiswa kedokteran yang mengadopsi Mind Mapping mengalami peningkatan 10% dalam memori jangka panjang mereka dari informasi faktual.


Bagian Kedua, Manfaat Mind Map

 

Peta pikiran atau Mind Map memiliki banyak manfaat. Pengguna metode ini akan merasakan dahsyatnya peta pikiran yang belum pernah mereka rasakan. Studi literatur menunjukkan bahwa Mind Map akan membantu Anda untuk:

 

  • Mind Map akan membantu Anda dalam membuat perencanaan dan menggali ide dalam rangka mewujudkan inovasi atau menyelesaikan problem solving.

 

  • Mind Map membantu Anda mengkomunikasikan gagasan yang ada dalam benak Anda ke khalayak ramai, dalam sebuah presentasi semisal. Inilah yang dilakukan oleh pendiri IDEO, Tom Kelley ketika menjelaskan tentang “Creative Confidence” dalam acara

 

  • Mind Map membantu Anda menjadi lebih kreatif. Peta pikiran adalah alat kreatif yang dapat mendorong penggunanya melakukan ideation dengan mentautkan antara sebuah fenomena/stimulus/simbol/gagasan satu dengan yang lain.

 

  • Mind Map membantu Anda belajar/bekerja lebih cepat dan efisien. Dengan satu peta pikiran dapat menghemat beberapa catatan, tentunya waktu baca. Selain itu, catatan ringkas ala peta pikiran akan membantu Anda dalam mengingat dan memusatkan perhatian.

 

Secara khusus apa manfaat Mind Map bagi siswa? Mind Map bermanfaat …

 

  • Membantu siswa melakukan brainstorming dan menghasilkan ide-ide baru.
  • Membantu siswa untuk menemukan konsep-konsep baru.
  • Membantu siswa dalam mengkomunikasikan ide, pemikiran, dan informasi yang telah mereka dapat.
  • Memungkinkan siswa untuk mendapatkan pengetahuan yang ditingkatkan dengan topik apa pun.

Bagian Ketiga, Langkah-langkah Membuat Mind Map

 

Tony Buzan menuliskan 7 langkah dalam membuat Mind Map.

 

  1. Mulailah dari bagian tengah kertas kosong yang sisi panjangnya diletakan mendatar. Sesuai dengan prinsip kerja otak -radial, mulai dari tengah memberi kebebasan kepada otak untuk menyebar ke segala arah dan untuk mengungkapkan dirinya dengan lebih bebas dan alami.

 

  1. Gunakan gambar atau foto untuk ide sentral Anda. Karena sebuah gambar bermakna seribu kata dan membantu kita menggunakan imajinasi. Sebuah gambar sentral akan lebih menarik, memebuat kita tetap berfokus, membantu kita berkonsentrasi, dan mengaktivkan otak kita.

 

  1. Gunakan warna. Karena warna bagi otak sama menariknya dengan gambar. Warna membuat Mind Map lebih hidup, menambah energi kepada pemikiran kreativ, dan menyenangkan.

 

  1. Hubungkan cabang-cabang utama ke gambar pusat dan hubungkan cabang-cabang tingkat dua dan tiga ke tingkat satu dan dua, dan seterusnya. Karena otak bekerja menurut asosiasi. Otak senang mengkaitkan dua atau tiga, atau empat hal sekaligus. Bila kita menghubungkan cabang-cabang, kita akan lebih mudah mengerti dan mengingat.

 

  1. Buatlah garis hubung yang melengkung, bukan garis lurus. Karena garis lurus akan membosankan otak. Cabang-cabang yang melengkung dan organis, seperti cabang-cabang pohon, jauh lebih menarik bagi mata.

 

  1. Gunakan satu kata kunci untuk setiap garis. Karena kata kunci tunggal memberi banyak daya dan fleksibilitas kepada Mind Map.

 

  1. Gunakan gambar. Karena seperti gambar sentral, setiap gambar bermanka seribu kata. Jadi bila kita hanya mempunyai 10 gambar di dalam Mind Map kita, Mind Map kita sudah setara dengan 10.000 kata gambar.

 

So, jangan melupakan karakter Mind Map ini:

 

  • Ide utama, subyek atau focus dikristalisasikan dalam gambar sentral.
  • Tema utama memancar dari gambar sentral sebagai “cabang”
  • Cabang-cabang terdiri dari gambar kunci atau kata kunci yang digambar.
  • Topik yang kurang penting direpresentasikan sebagai ranting dari cabang yang relevan.
  • Cabang-cabang membentuk struktur yang saling terhubung.

Bagian Keempat, Mind Map untuk Bisnis

 

Peta pikiran sering digunakan oleh pelbagai perusahaan, mereka merasakan manfaat peta pikiran. Peta pikiran atau Mind Map telah diakui sebagai alat komunikasi yang efektif dalam sesi curah gagasan (brainstorming), kolaborasi, dan ideation. Dengan memvisualisasikan ide atau gagasan, tim atau atasan dapat mengikuti diskusi dengan baik sekaligus memberikan kontribusi yang maksimal.

 

Mind Map memungkinkan banyak orang melakukan brainstorming, merencanakan aksi dan menyajikannya dengan baik. Dengan keyword, presentasi akan lebih jelas, ringkas, dan bisa memberikan stimulus kepada semua orang.

 

So, Mind map dalam organisasi dan dunia bisnis berfungsi untuk:

 

  • Meningkatkan produktifitas
  • Meningkatkan pertemuan, khususnya dalam sesi brainstorming
  • Menyederhanakan konsep atau pengetahuan
  • Optimalisasi manajemen proyek
  • Meningkatkan kolaborasi dan komunikasi
  • Creativ Thinking
  • Daily Work Schedule/Time Management
  • Marketing Strategi
  • Personal Profile
  • Business and Organisational Plan

 

Tips Praktis (sumber imindmap)

 

Buat Rencana. Buat rencana jadwal (Anda bisa menggunakan Google calendar), rapat, brief Anda, kemudian bagi topik dan tugas ke dalam cabang, menambahkan sub-topik dan lebih kecil. Setelah itu menarik koneksi antara tugas-tugas kerkait, melihat bagaimana proyek yang berbeda berdampak satu sama lain dan memprioritaskan waktu berdasarkan beban/kualitas proyek/kerja. Jangan lupa buat daftar To-Do list. Anda bisa menggunakan Microsoft To-Do atau Google Taks.

 

Konsolidasikan. Dengan Mind Map kita dapat mengkonsolidasikan berbagai macam informasi (Anda bisa menggunakan aplikasi iMindMap atau sejenisnya). Dengan semua informasi yang relevan, dalam satu pikiran, menghemat waktu dan memegang kendali.

 

Management Project. Gunakan Mind Map yang telah dibuat untuk mengelola project: waktu, data, dan sumber daya sehingga bisa meningkatkan produktivitas. Langkah ini bisa disebut sebagai langkah aksi. Bagikan peta pikiran kepada semua anggota tim, masing-masing diantara mereka bisa memberikan komentar.

 

Problem Solving. Dengan Mind Map, Kita dapat melihat semua elemen sekaligus merangsang asosiai kreatif. Proses tersebut mendorong kreativitas ketika kita membaca masalah di dalamnya. Alat ini sangat cocok ketika digunakan dalam sesi brainstorming.

 

Kolaborasi. Berkolaborasilah dengan yang lain untuk mengembangkan rencana atau mewujudkan proyek, mendesain ulang sebuah layanan atau produk. Mind Map memungkinkan pengguna untuk mendapatkan masukan dari semua anggota tim dengan cara dinamis dan kreatif.


Bagian Kelima, Mind Map untuk Guru

 

Banyak manfaat yang akan diperoleh guru menggunakan Mind Map. Mind Map akan membantu guru untuk:

 

Persiapan Pembelajaran. Mind Map akan membantu guru dalam mengorganisasikan perencanaan pembelajaran. Membuat catatan efektif dan sederhana yang akan ditindaklanjuti dalam pembuatan RPP

 

Media Pembelajaran. Mind Map bisa digunakan sebagai media pembelajaran guru -menyampaikan dan menyajikan materi kepada siswa dengan sangat menarik. Karena Mind Map merupakan media visual dan Auditori. Jika Anda menggunakan aplikasi khusus Mind Map, atau membuat peta pikiran melalui Microsoft Power Point, Anda dapat memasukan suara bahkan video di dalamnya.

 

Perencanaan Kurikulum. Perencanaan kurikulum, atau biasanya dalam bentuk protap atau promes dapat dibuat oleh guru dengan menggunakan visualisasi peta pikiran. Visualisasi dalam bentuk peta pikiran akan memudahkan guru dalam merencanakan pembelajaran.

 

Alat diskusi. Rapat-rapat penting, seperti rapat dewan guru dalam menentukan program tahunan memberikan kesempatan kepada setiap guru untuk mengemukakan gagasan atau pendapat. Sangat menarik jika itu semua disajikan dengan menggunakan peta pikiran. Atau ketika Anda akan membuat power presentation (presentasi luar biasa mengguakan MS Power Point), Anda bisa menggunakan Mind Map untuk membuat desain isinya.

 

Pengembangan Karir. Setiap guru pasti harus merencanakan kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB). Kegiatan PKB merupakan penopang karir guru (khususnya yang berstatus ASN). Anda bisa menggunakan Mind Map untuk merencanakan kegiatan PKB kemudian ditindak lanjuti dengan time schedule atau rencana aksi.


Bagian Keenam, Mind Map Tools

 

Ada banyak aplikasi yang bisa membantu Anda dalam membuat Mind Map. Ada yang gratis dan berbayar. Yang terkenal adalah iMind Map, kemudian ada freemind, Scpple, dan MindManager. Diantara aplikasi tersebut sudah terintegrasi dengan MS Office.

 

Banyak sekali aplikasi yang bisa membantu semua orang dalam membuat Mind Mapping. Berikut akan saya jabarkan sedikit:

 

Freemind

 

Diantara yang free adalah aplikasi freemind.FreeMind merupakan aplikasi pemetaan pikiran gratis yang ditulis dalam bantuan Java dan dilisensikan di bawah GNU General Puclic License Version 2. FreeMind bisa dijalankan pada program Microsoft Windows, Linux dan macOS. Fasilitas yang tersedia diantaranya: simpan file dalam bentuk XML, ekspor hiperteks ke HTML dan XHTML, ekspor dokumen ke pdf dan Open Document, mengkespor gambar ke PNG, JPEG dan SVG dan lain-lain.

 

XMind

 

XMind merupakan perangkat lunak yang membantu pengguna dalam membuat pemetaa pikiran dan brainstrorming, dikembangkan oleh perusahaan teknologi Hongkong, XMind Ltd. XMind bisa digunakan untuk membuat Mind Map, diagram tulang ikan, diagram pohon, dan lain-lain. XMind dapat mengekspor petapikiran ke dokumen MS Word, Power Point, Excel, Pdf, FreeMind, dan lain-lain. Aplikasi ini gratis (trial), jika pengguna ingin merasakan manfaat yang lebih banyak harus menggunakan versi Pro. XMind merupakan salah satu aplikasi Midn Map terbaik dan pernah mendapatkan penghargaan dari lifehacker.

 

MindMeister

 

MindMesiter adalah aplikasi pemetaan pikiran online yang memungkinkan pengguna memvisualisasikan dan mempresentasikan pelbagai pemikiran mereka dalam sebuah cloud. Aplikasi ini diluncurkan pada 2007 oleh MeisterLabs Gmbh, sebuah perusahaan perangkat lunak yang diidrikan oleh Michael Hollauf dan Till Vollmer. Aplikasi ini berbayar.

 

Mind Manager

 

MindManager sebuah aplikasi perangkat lunak pemetaan pikiran komersial yang dikembangkan oleh Mindjet. MindManager membantu pengguna memvisualisaiskan informasi dalam peta pikiran dan diagram alur. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengelola proyek, mengelola informasi dan alat brainstorming. Anda dapat menggunakan aplikasi ini secara gratis, namun trial. Setelah itu harus berbayar.

 

MindNode

 

MindNode merupakan aplikasi perangkat lunak untuk membuat peta pikiran yang dikembangkan oleh perusahaan teknologi Austria, IdeasOnCanvas. Namun sayangnya, aplikasi Mind Map ini hanya bisa digunakan untuk system operasi iOS dan Mac.

 

Scapple

 

Scapple adalah aplikasi dalam pembuatan Mind Map, dibuat oleh perusahana Literature & Latte, berbasis di UK. Aplikasi ini bisa digunakan untuk system operasi windows dan iOS. Sayangnya, Scapple berbayar.

 

iMindMap

 

IMindMap sebuah aplikasi yang akan membantu penggunaka dalam membuat peta pikiran yang biasa digunakan dalam sesi brainstorming, pengorganisasian, pemikiran kreatif, presentasi, dan lain-lain. IMindMap dikembangkan leh perusahaan ThinkBuzan Ltd. iMindMap dapat digunakan untuk system operasi Microsoft Windows, Macinthosh, Mac OS X dan Linux.

 

Oh ya….

 

Kabar mudahnya adalah Anda bisa membuat Mind Map dengan menggunakan Microsoft Power Point. Microsoft Power Point sudah lengkap dengan menyediakan beberapa Tools yang dibutuhkan dalam membuat Mind Map, seperti Shapes, Icon, Smart Art. Selain itu Anda juga bisa menambah fitur tambahan seperti audio, video hingga link dengan pelbagai file atau referensi yang kamu miliki.

 


Bagian Ketujuh, Kiat Membangun Kreativitas dengan Mind Map

 

Tony Buzan memberikan tips menarik untuk membangun kreativitas dengan tools Mind Map. 10 kiat dari Tony Buzan sebagai berikut:

 

  1. Mind Map

 

  • Gunakan Mind Map manakala Anda memiliki masalah kreatif yang ingin Anda jelajahi dengan langkah-langkah di bawah ini.
  • Gambar Mind Map dengan cepat dengan hal-hal yang Anda pikirkan, tambahkan warna, gambar, dan pelbagai informasi sekehendak otak.
  • Biarkan otak “memikirkannya” sementara waktu , beri istirahat kepada diri Anda selama sedikitnya satu jam.
  • Kembali ke Mind Map dan tambahkan pikiran-pikiran baru yang Anda punya.
  • Lihatlah kembali ke Mid Map dengan cermat, temukan kaitan-kaitan baru di antara unsur-unsur pada setiap cabang.
  • Hubungkan unsur-unsur ini dengan kode, warna, atau anak panah.
  • Kenali kaitan baru yang utama.
  • Istirahatlah kembali untuk membiarkan otak memikirkannya kembali.
  • Telaah kembali Mind Map, dan kenali serta tandai setiap kaitan yang baru yang sekarang bisa Anda lihat.
  • Kembali ke Mind Map dan putuskan jalan keluar Anda.

 

  1. Gunakan Warna dalam catatan Anda

 

Selalu gunakan warna dalam catatan Anda -sebaiknya catatan Anda merupakan bagian dari Mind Map karena warna adalah ciri utama Mind Map. Mulailah denganbulpoin empat warna, lalu gunakan warna lain ketika proses berlanjut. Warna membuat catatan Anda lebih menarik, merangsang proses pemikiran kreatif, dan secara harfiah akan menambah warna dalam hidup Anda.

 

  1. Melamun dan Bermimpilah

 

Keduanya memberi kekuatan bagi otot-otot visual kreatif. Catatlah, sebaiknya dalam bentuk Mind Map, setiap ide atau gambar dari mimpi terbaik Anda. Ini akan mendorong Anda lebih visual dan berwarna dalam pencatatan berbentuk Mind Map.

 

  1. Berpikirlah secara radial (memancar)

 

Sesekali dalam seminggu, ambilah kata atau konsep yang menarik bagi Anda, dan lakukan permainan kreatif, seperto permainan gantugan baju, untuk membantu keterampilan berpikir secara radial. Ini akan mengasah keterampilan Mind Mapping Anda.

 

  1. Simpanlah buku catatan Mind Map

 

Seorang jenius kreatif lain yang membuat catatan visual Mind Mapping adalah Thomas Edison, dan ia melakukannya karena Leonardo da Vinci juga melakukannya.

 

Edison, telah medaftarkan lebih dari seribu hak paten ke pemerintah AS didorong hasrat kreatif yang membara, dan memutuskan cara terbaik “memberi makan” jenius kreatifnya sendiri dengan mengikuti jejak da Vinci. Edison dengan cermat dan bersemangat mencatat setiap langkah proses kreatifnya dengan gambaran visual, dan akhirya menghasilkan 3.500 buku catatan yang menakjubkan.

 

  1. Gunakan Mind Map sebagai alat komunikasi kreatif

 

Bila Anda harus berbcara atau berpidato, gunakan Mind Map kreatif untuk membantu presentasi ide-ide Anda.

 

Baik pidato Anda sekedar ucapan terimakasih atau presentasi rapat, bisnis dan lain-lain, Mind Map kreatif mempunyai sejumlah kelebihan dibandingkan penyajian standar, normal, linier, membosankan dan monoton.

 

Dengan Mind Map, Anda dapat menyusun pikiran dengan cepat, menempatkan pada urutan yang benar, dan memasukkan semua ide dan gambar kunci yang akan menyalakan imajinasi Anda ketika Anda bangkit untuk menyajikan presentasi. Ini akan membantu Anda rileks, bicara secara alami dan spontan -dan melegakan serta menyenangkan setiap orang yang terlibat.

 

  1. Mind Map dan penciptaan masa depan

 

Untuk latihan ini, tempatkan gambar atau symbol diri Anda di bagian tengah Mind Map dan sebagai cabang gunakan topik-topik seperti: keterampilan; pendidikan; perjalanan; keluarga; pekerjaan; kekayaan; teman; tujuan hidup, dan lain-lain. Pada Mind Map ini ciptakan masa depan ideal Anda -petakan seluruh hidup Anda seperti yang Anda rancang bila jin lampu ajaib telah memberikan semua yang Anda minta.

 

  1. Buatlah Mind Map yang hanya menggunakan gambar

 

Buatlah Mind Map yang hanya menggunakan gambar-sama sekali tanpa kata!. Otak Anda akan membuat kaitan dan asosiai yang berbeda ketika otak hanya menghadapi gambar. Mungkin Anda akan terkejut pada kaitan dan hubungan kreatif baru bisa Anda buat ketika Anda menjelajahi topik dengan cara ini.

 

  1. Berilah kode warna pada Mind Map

 

Temukan empta cara menggunakan warna sebagai kode dalam Mind Map Anda. Buatlah berbagai cara menggunakan warna dan atau tekstur untuk menunjukkan kaitan, lapisan-lapisan waktu atau pikiran, orang, tindakan, urgensi, dan sebagainya.

 

  1. Jelajahi bagaimana Mind Map bisa membantu dalam hidup Anda

 

Buatlah Mind Map tentang semua bidang yang bisa dibantu dengan Mind Map -di rumah, pekerjaan, di semua area kehidupan Anda. Terus bangun dan perluas Mind Map ini. Juga tambahkan ide-ide orang lain pada ide Anda! .

 


Sumber bacaan:

Buzan, Tony. 2007. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: Gramedia

https://www.mindmapping.com/mind-mapping-in-education.php

Sumber gambar: freeepik.