edX adalah sebuah platform penyedian kursus online yang berkerja sama dengan pelbagai institusi seperti perusahaan-perusahaan besar dan perguruan tinggi terbaik dunia.

edX membantu Anda meningkatkan pengetahuan dan sikll yang sangat bermanfaat dalam pengembangan karir.

Ada 10 Kursus popular edX yang bisa Anda ikuti. Kursus tersebut:


#1. Toefl Test Preparation

Kursus Toefl Test Preparation dibuat dalam rangka meningkatkan kemampuan bahasa Inggris seseorang yang dilengkapi skor test. Tes TOEFL adalah penilaian standar bahasa Inggris yang sudah terpercaya di dunia digunakan lebih dari 10.000 lembaga pendidikan tinggi, pemerintahan dan organisasi di seluruh dunia.

Kursus ini akan membantu Anda memahami apa yang dapat Anda lakukan untuk mencapai skor tes TOEFL terbaik Anda dengan di dukung menggunakan video, contoh pertanyaan dengan penjelas, kuis pendek dan papan diskusi kolaboratif yang sudah digunakan lebih dari 30 juta orang di seluruh dunia.

Jadi yang dapat Anda ambil  dalam kurus ini:

  • Meningkatkan keterampilan bahasa Inggris
  • Menavigasi empat bagian tes TOEFL: Membaca, Mendengarkan, Berbicara dan Menulis
  • Mempersiapkan tes TOEFL
  • Memahami bagaimana tes TOEFL dinilai
  • Cara menggunakan skor tes TOEFL untuk pekerjaan, studi, visa dan beasiswa
  • Mengatur waktu selama ujian
  • Menemukan sumber daya tambahan yang tersedia untuk tes TOEFL
  • Cara mendaftar tes TOEFL

Instruktur

Instruktur kursus ini adalah pengajar dari ETSx, Michael Knab, Cynthia Newman, Shawn Gorman. ETS merupakan organisasi nirlaba yang didirikan pada tahun 1947 dengan tujuan mengembangkan, mengelola dan mencetak lebih dari 50 juta tes setiap tahun salah satunya TOEFL dan TOEIC, GRE dan penilaian The Praxis Series yang mempunyai lebih dari 180 negara, dengan lebih dari 9.000 lokasi di seluruh dunia

Kunjungi kursus


#2. CS50’s Introduction to Computer Science by Harvard

CS50’s Introduction to Computer Science, merupakan pengantar ilmu komputer dan seni pemrograman dari Universitas Harvard yang dapat diikuti oleh siapapun meskipun tidak memiliki skill pemrograman.

Topik yang diajarkan mulai dari: abstraksi, struktur data, enkapsulasi, manajemen sumber daya, keamanan, rekayasa perangkat lunak, dan pengembangan web. Termasuk bahasa C, Python, SQL, JavaCript, CSS, HTML dan kumpulan masalah yang terinspirasi dalam bidang biologi, kriptografi, keuangan, forensic dan permainan.

Instruktur

Instruktur kursus ini semunaya dari Harvard University. Diantaranya: David J Malan (Gordon McKay Professor of the Practice of Computer Science), Zamyla Chan (Doctoral candidate in Chemistry Harvard University), dan Doug LIoyd (Senior Preceptor in Computer Science Harvard)

Kunjungi kursus


#3. Data Science Certificate by Harvard

Permintaan data untuk memajukan industri, akademisi dan pemerintahan sangat dibutuhkan. Penyaji data adalah mereka yang biasa disebut dengan praktisi data dan data scientist. Program kursus Data Science diselenggarakan oleh Harvard University.

Program Data Science HarvardX mempersiapkan Anda basis pengetahuan yang diperlukan dan keterampilan yang berguna untuk mengatasi tantangan analisis data dunia nyata. Program ini mencakup: konsep probabilitas, kesimpulan, regresi, dan machine learning.

Kursus ini menggunakan perangkat lunak R, konsep statistic, dan teknik analisis data secara bersamaan. Penyedia kursus HarvardX bekerja sama dengan DataCamp untuk semua penugasan yang memungkinkan Anda mendapatkan praktik langsung selama kursus.

Yang akan Anda pelajari:

  • Keahlian pemrograman R Fundamental
  • Konsep statistik seperti probabilitas, kesimpulan, dan pemodelan
  • Dapat menerapkan pengalaman dengan tidyverse, termasuk visualisasi data dengan ggplot dan perselisihan data dengan dplyr
  • Dapat mempraktikan data science seperti Unix/Linux, git dan GitHub, dan RStudio
  • Menerapkan algoritma pembelajaran mesin
  • Pengetahuan mendalam tentang konsep sains data fundamental melalui studi kasus

Instruktur

Instruktur kursus ini adalah Rafael Irizarry, Professor Biostatistics Harvard University. Rafael Irizarry adalah professor Biostatistik Sekolah Kesehatan dan Biologi Komputasi Dana Farber Cancer Institute. Penelitian Dr Irizarry fokus pada analisis data genomik. Dia salah satu pendiri proyek Bioconductor, sebuah proyek perangkat lunak open source dan pengembangan terbuka analisis data genom.

Kunjungi kursus


#4. Introduction to Computer Science

Kursus ini merencanakan Anda menjadi programmer profesional dengan memanfaatkan dasar-dasar mesin digital dan belajar menulis program. Dengan memahami cara kerja komputer dan belajar secara logis, Anda dapat menulis program yang lebih baik dan dapat memecahkan masalah teknis dengan lebih mudah.

Program ini diselenggarakan oleh Microsoft dengan instruktur Eric Camplin, senior content developer Microsoft, dan Paul Pardi principal content developer Microsoft Corporation.

Anda akan mempelajari Dasar-dasar logika analitik, mempelajari logika berhubungan dengan ilmu komputer, menulis program dasar Python, fungsi loop.

Prospek pekerjaan diantaranya:

  • Sebagai pengembang perangkat lunak junior berfokus pada otomatisasi dan pengujian
  • Penulis teknis junior
  • Manajer program teknis junior.

Kunjungi kursus


#5. MicroMasters Program in Artificial Intelligence

Dalam bidang ilmu komputer, topik Artificial Intelligece (AI) sangat diminati karena AI atau kecerdasan buatan merupakan salah satu alat inovasi dunia startups dan industri.  Program MicroMaster ini diselenggarakan edX bersama dengan Columbia University. Dan program ini merupakan mewakili 25% gelar Master dalam ilmu Komputer di Columbia University.

Kecerdasan Buatan sangat berkembang dalam mempengaruhi kehidupan sehari-hari seperti dalam bidang kesehatan, transportasi, logistik, layanan pelanggan, pemeliharaan rumah dan lain-lain.

Oleh karena itu, peluang karir nya sangat besar sebagai insinyur perangkat lunak, machine learning, data scientist, otomasi, visi komputer dan banyak lagi.

Apa saja yang akan Anda pelajari?

  • Pemahaman yang kuat tentang prinsip-prinsip AI
  • Menerapkan konsep machine learning pada pelbagai masalah dan aplikasi kehidupan nyata.
  • Mendesain dan memanfaatkan kekuatan jaringan saraf tiruan.
  • Aplikasi luas AI dalam bidang robotika, visi dan simulasi fisik.

Instruktur

Instruktur kursus ini semuanya staf pengajar dari Columbia University diantaraya adalah: Ansaf Salleb-Aouissi, John W Paisley, Matei Ciocarlie, Eitan Grinspun. Ansaf adalah Lecture Computer Science School of Engineering and Applied Science Columbia University. Dia mendapatkan ngelar BS ilmu komputer USTHB Algeria, dan Ph.D University of Orleans (France).

John Paisley merupakan Asisten Professor Departemen Electrical Engineering Columbia University. Dia mendapatkan gelar Ph.D Electrical and Computer Engineering dari Duke University dan post-doc Departement Computer Science Princenton University.

Matei Ciocarlie adalah asistem Professor Mechanical Engineering Departemen Columbia University. Matei mendapatkan gelar Ph.D dari  Columbia University. Dia pernah mendapatkan penghargaan Robotdalen Scientific Award dan menjadi Senior Research Scientist Google Inc.

Sedangkan Eitan Grinspun merupakan Associate Professor Computer Science Columbia University. Ia mendapatkan gelar master dari University of Toronto dan Ph.D dari California Institute of Technology (Caltech) 2003.

Kunjungi kursus


#6. Digital Leadership

Era digital memasuki dunia usaha. Dalam ekonomi digital saat ini apa yang harus disiapkan? Bagaimana mengembangkan bisnis dan tenaga kerja yang selalu bergerak dinamis? Kursus “Digital Leadership” akan membantu Anda dalam menjawab pertanyaan di atas.

Dalam program MicroMasters Kepemimpinan Digital ini,  Anda akan dibantu mengembangkan pengetahuan dan kemampuan untuk memimpin perubahan dan transformasi organisasi serta mendapatkan pengalaman.

Berikut target pengetahuan yang akan Anda miliki setelah mengikuti program mikro master:

  • Startegi untuk mengarahkan dan mengubah bisnis Anda dalam ekonomi digital
  • Bagaimana cara mendorong nilai bisnis melalui eksperimen
  • Mengembangkan strategi berbasis platform untuk pertumbuhan
  • Negoisasi dan manajemen proyek transformasi digital
  • Strategi manajemen tim yang efektif.

Peluang Karir

Peluang karir program mikromaster kepemimpinan digital sangat luas, meliputi: manajer proyek, manager program, direktur pengembangan bisnis, SDM, operasi, strategi bisnis, dan lain-lain.

Instrtruktur

Siapakah instruktur program ini?

Anda akan didampingi para pakar dari Boston University. Diantara mereka: Kristen J McCormack (Organizational Behavio Boston University), Darrell Griffin (CEO Performance Edge), N Venkat Venkatraman (Professor Management Boston University), Marshall van Alstyne (Professor Information Systems Boston University), John W Byers (Professor Computer Science Boston University), dan masih banyak lagi.

Kunjungi kursus


#7. MicroMaster Program Cybersecurity

Dunia usaha sangat membutuhkan teknologi internet. Seiring dengan berkembangnya internet memunculkan beberapa problematika, salah satunya adalah terkait sistem keamanan. Problem tersebut bisa diselesaikan jika sumber daya manusianya memahami Cybersecurity.

Program MicroMasters Cybersecurty bekerja sama dengan Rochester Institute of Technology (RITx).

Apa yang akan Anda pelajari? Pelajaran penting yang dapat Anda peroleh:

  • Cara mengatur dan mengamankan sistem dan dasar-dasar jaringan
  • Kerangka kerja dan metodologi manajemen resiko kemanan informasi
  • Bagaimana menerapkan solusi keamanan jaringan dan mendeteksi intrusi
  • Bagaimana melakukan investigasi forensic digital yang dapat diterima di pengadilan
  • Mempraktikkan keterampilan keamanan siber dalam scenario dunia nyata
  • Mendapatkan pengetahuan dan keahlian penting dalam keamanan jaringan dan forensik yang diperlukan untuk keamanan siber di lingkungan perusahaan.
  • Teknik analisis resiko dan penilaian kerentanan

Program MicroMaster kali ini akan dipandu beberapa instruktur profesional dari RITx, seperti: Professor Bo Yuan, Dr Jonathan S Weissman, Professor Yin Pan, dan Dr Tong Sun.

Kunjungi kursus


#8. Business Fundamentals

Business Fundamentals akan memberikan wawasan bagi siapa saja tentang dasar-dasar menjalankan bisnis. Dalam program ini Anda akan mempelajari:

  • Bagaimana organisasi bekerja: dari memahami proses hingga mendiagnosis masalah dan melakukan perubahan.
  • Cara berkomunikasi secara efektif dalam lingkungan bisnis: memahami beragam audiesn dan membangun argument yang kuat
  • Cara menggunakan informasi keuangan untuk membuat keputusan bisnis yang baik: konsep dasar akuntasi keuangan, penilaian keuangan, dan membuat keputusan tabungan dan investasi.
  • Memahami peran pemasaran dalam menciptakan nilai bagi konsumen: memahami bagaimana organisasi dapat berhasil dengan menganalisis perilaku konsumen serta bertindah atasnya.
  • Memahami pasar kerja saat ini, keterampilan manajemen, komunikasi dan pengambilan keputusan.

edX bekerja sama dengan University of British Columbia. Beberapa instruktur yang akan memandu diantaranya: Elicia Salzberg (Lecture Law and Business Comunication UBC), Marlisse Silver Sweeney (Lecture Law and Business UBC), Jeff Kroeker (Lecture Accounting and Information Systems Division UBC), Darren Dahl (Professor Marketing and Behavioural UBC), dan lain-lain.

Kunjungi kursus


#9. Digital Product Management

Program Digital Product Management akan membantu Anda dalam mepelajari alat dan teknik penting untuk mengelola pengembangan, pelucuran, dan pertumbuhan produk digital serta meningkatkan karir Anda sebagai manajer produk.

edX bekerja sama dengan Boston University dalam menyelenggarakan program ini.

Dalam program Micromasters ini, Anda akan mendapatkan pengalaman dalam:

  • Membuat peta jalan produk
  • Mengambil produk dari konsep awal melalui riset pengguna, kreasi bersama, dan membuat prototipe dengan cepat
  • Praktik manajemen yang lincah dan ramping untuk menciptakan perangkat lunak dan produk digital
  • Media sosial dan metode pengujian pasar
  • Menerapkan perspektif dari praktik terbaik dalam strategi berbasis platform
  • Teknik perencanaan, pengawasan, dan pelucuran produk dan perangkat lunak
  • Manajemen siklus hidup produk dan layanan
  • Memahami variasi dalam praktik manajemen produk di berbagai organisasi dan pasar digital
  • Menemukan cara alternative untuk mendorong inovasi bisnis digital

Instruktur

Berikut instruktur yang akan memandu Anda

  • Varun Nagaraj (Questrom Digital Learning and Inovation Fellow BU)
  • Marshall Van Alstyne (Professor and Chair of Information Systems BU)
  • Paul R Carlile (Associate Professor Management and Information System BU)
  • Ben ubin ((Associate Professor Management and Information System BU)
  • John W Byers (Professor of Computer Science BU)
  • Chris Dellarocas (Richard C Shipley Professor of Information Systems BU)
  • Andrei Lapets (Director of Research Development and Research Scientist BU)
  • Andrei Lapets (Director of Rasearch Development and Research Scientist BU)
  • Barbara Bickart (Associate Professor of Marketing BU)
  • Nitin R Joglekar (Associate Professor of Operations and Technology Management BU)

Kunjungi Kursus


#10. Digital Marketing Wharton Business School

Program Digital Marketing terselenggara kerja sama antara edX dengan sekolah bisnis terkemuka di dunia, Wharton School University of Pennsylvania. Banyak alumni terkenal yang lahir dari Whartoon, salah satu diantaranya adalah Sundar Pichai CEO Google.

Wharton School kali ini akan mengajarkan keterampilan pemasaran digital yang sangat dibuthkan di era saat ini.

Berikut secara spesifik yang akan Anda pelajari:

  • Bagaimana cara meningkatkan model baru dalam bisnis dan e-commerce dalam rangka meningkatkan profitabilitas
  • Memahami teknik baru dalam riset pasar, termasuk analisis regresi, conjoin, dan analisis media sosial
  • Memahami cara memanfaatkan kekuatan media sosal untuk mendapatkan produk, ide, dan pesan yang dapat ditangkap
  • Memahami cara memutuskan eksperimen awal apa yang harus di investasikan oleh perusahaan untuk mencapai sentrisitas pelanggan
  • Memahami cara memilih metrik untuk mengukur dan memandu berfokus pada pelanggan.

Instruktur

Anda akan dipandu pengajar hebat dari Wharton School, diantaranya adalah Pete Fader (Frances and Pei-Yuan Chia Professor of Marketing), Ragu Iyengar (Associate Professor), David Bell (Xinmei Zhan and Yongge Dai Professor), dan Jonah Berger.

Kunjungi kursus


Kesimpulan

Kesepuluh kursus popular di atas sangat disayangkan jika Anda lewatkan. Ambil salah satu diantaranya untuk mengembangkan karir Anda.