Di Amerika, Eropa dan beberapa negara Asia seperti Jepang Adobe Spark sangat populer. Di Indonesia sendiri, Adobe Spark belum banyak dikenal.

Adobe Spark adalah rangkaian aplikasi penceritaan terinegrasi untuk ponsel dan web yang dikembangkan oleh perusahaan teknologi Adobe Systems.

Aplikasi tersebut terdiri dari tiga aplikasi desain terpisah, yakni: Spark Page, Spark Post, dan Spark Video.

Apa manfaat Adobe Spark bagi guru?

Bisakah guru berinovasi menggunakan media tersebut?

Jawabnya…

Tentu saja bisa

Saya akan membahas 10 Hal yang bisa dilakukan oleh guru dengan Adobe Spark

Mari membaca artikel di bawah ini kemudian praktikkan dalam kelas Anda dan menjadi inovator kelas.

 

#1. Media Presentasi

Adobe Spark for Educator

Membuat slide presentasi menggunakan Micorosoft Power Point sudah menjadi biasa. Sesekali gunakan Adobe Spark Video atau Adobe Spark Page. Presentasi Anda akan terlihat interaktif. Menggunakan cukup mudah, tinggal drag dan beberapa menit selesai. Semua material, mulai dari themplate, font, music background sudah tersedia. Anda juga bisa membagikan kepada semua orang.

 

#2. Dokumentasi Kegiatan Sekolah

Kumpulkan semua dokumentasi kegiatan sekolah yang didapat dari kamera, setelah itu pindahkan ke dalam Adobe Spark Video. Dokumentasi akan terlihat menarik dan menyatu satu dengan yang lain.

 

#3. Mading Online

Saatnya beralih dari mading konvensional ke mading digital. Adobe Spark Post membantu para siswa membuat mading interaktif online. Pelajari kemudian ajarkan para siswa semisal mereka yang tergabung dalam OSIS atau organisasi intra siswa sejenisnya membuat mading online interaktif.

 

#4. Portofolio Siswa

 

Jika para guru sering menggunakan metode pembelajaran berbasis Project, sebaiknya gunakan Adobe Spark sebagai pelengkap. Ketika proses pembelajaran berbasis project berlangsung, siswa menyimpan semua produk pembelajaran menggunakan Adobe Spark. Terlihat keren dan guru bisa melihat pekerjaan mereka di manapun dan kapanpun.

 

#5. Poster Kreativ

Adobe Spark

“Yesterday I Was Clever, So I Changed The World.

Today I am Wise, So I Am Changing My Self.”

  • Jalaludin Rumi

 

Kata-kata luar biasa di atas akan lebih bagus Anda buat dalam Adobe Spark Grafis. Print kemudian letakan dalam bingkai dan tempel dalam kelas.

 

#6. Tebak Kata Bergambar

Anak-anak yang baru berusia lima tahun akan mulai belajar mengenal berbagai gambar yang ada di sekelilingnya. Bantulah dengan membuat tebak kata bergambar menggunakan Adobe Spark Video.

 

#7.  Newsletter

Newsletter with Adobe Spark

Berapa biaya yang harus dikeluarkan sekolah untuk mencetak newsletter atau buletin? Tentunya tidak murah. Ganti Newsletter konvensional dengan Newsletter digital dengan menggunakan Adobe Spark Post atau Web Page.

 

#8. Laporan Perjalanan

Adobe Spark for Travelling

Setiap sekolah pasti mempunyai program outing class. Dalam setiap kegiatan tersebut pasti ada yang mendokumentasikan kegiatan tersebut. Kumpulkan setiap dokumentasi kemudian pindahkan ke dalam Adobe Spark Video sehingga bisa menjadi laporan perjalanan interatif

 

#9. Cover Books

Cover Books With Adobe Spark Adobe

Salah satu kegiatan rutinitas guru dalam pembelajaran adalah membuat perangkat dan jurnal. Tidak perlu bersusah payah membuat cover perangkat pembelajaran dan jurnal yang telah dibuat. Gunakan Adobe Spark Grafis.

 

#10 Laporan Wali Siswa

Kewajiban guru adalah memberikan informasi perkembangan belajar peserta didik. Gunakan Adobe Spark Grafis untuk menunjukkan project siswa, Adobe Spark Video untuk proses pembelajaran di dalam kelas.

 

Kesimpulan

 

Adobe Spark mempunyai banyak fungsi yang dapat digunakan oleh guru atau lembaga pendidikan pada umumnya. Di era digital saat ini, sangat dibutuhkan sebuah media pembelajaran interaktif yang dapat digunakan oleh guru. Adobe Spark salah satu jawabannya.