“The original idea of the web was that it should be a collaborative space where you can communicate through sharing information”

  • Tim Berners Lee

 

Di era internet saat ini, siapa pun bisa mendapatkan pengetahuan dengan mudah, bahkan gratis.

Bahkan pengetahuan yang bisa didapatkan tidak terbatas.

Saya mencoba memaparkan beberapa situs yang menyediakan sumber belajar gratis.

Situs-situs tersebut dapat dimanfaatkan oleh siapapun, khususnya oleh pelajar maupun guru.

Berikut 15 Situs Penyedia Sumber Belajar Gratis yang bisa Anda manfaatkan.

 

1.Youtube

youtubekids

Kami meletakan Youtube di nomor pertama. Youtube adalah video berbagi pertama dan terbesar di dunia. Youtube didirikan oleh mantan karyawan PayPal Chad Hurley, Steven Chen, dan Jawed Karim pada bulan Februari 2005. Satu tahun kemudian situs berbagi video tersebut di beli oleh Google dengan nilai US$1,65 miliar.

Meski pada aslinya Youtube adalah situs berbagi video, namun sekarang telah menjelma sebagai situs belajar (e-learning). Tinggal mengetikan kata kunci, Anda sudah bisa mempelajari pelbagai tutorial dan mempelajari pelbagai pengetahuan. Saat ini tersedia Youtube kids, saluran khusus untuk anak-anak.

Ada banyak chanel di youtube yang berkaitan dengan pendidikan. Kami mencatatan beberapa chanel yang berisi video edukasi diantaranya adalah: American Museum of Natural History, Bad Astronomy, HooplaKidz, Edutopia, Khan Academy, Minute Physics, Nasa Television, Numberphile, Periodic Videos, Sick Science, SpaceLab, dan Toutube EDU.

Guru bisa menggunakan youtube sebagai media pembelajaran, meningkatkan kapasitas hingga memanfaatkannya sebagai sarana menyimpan dokumentasi atau project siswa.

 

2.Khan Academykhan academy

Khan Academy adalah organisasi nirlaba yang didirikan pada tahun 2008 oleh Salman Khan. Khan Academy menciptakan seperangkat pembelajaran online mulai dari sains, ilmu sosial, matematika hingga hummaniora. Khan Academy tersedia dalam pelbagai bahasa, termasuk Bahasa Indonesia. Saluran chanel Khan Academy di Youtube pada tahun 2018 memiliki lebih dari 4,5 juta pelanggan dan telah ditonton lebih dari 1,6 miliar kali.

Khan Academy didirikan oleh Salman Khan, seorang imigran Banglades yang mencoba keberuntungan di AS. Ia belajar ilmu teknik elektro dan ilmu komputer di Massachusetts Institute of Technology (MIT). Ia juga memegang gelar MBA dari Harvard Business School.

Khan Academy merupakan organisasi nirlaba yang sebagian besar didanai oleh sumbangan dari pelbagai organisasi filantropi dan perusahaan-perusahaan, seperti google inc. Pada tahun 2010, google menyumbangkan $ 2 juta untuk membuat kursus baru dan menerjemahkan konten ke dalam pelbagai bahasa.

Lembaga tersebut juga mendapatkan sumbangan dari pengusaha Carlos Slim untuk membuat video versi Spanyol. Pada 2015, AT & T menyumbang $ 2, 25 juta untuk pengembangan situs versi seluler.

Ada beberapa program pembelajaran yang telah dibuat oleh Khan Academy, diantaranya:

  • Matematika: Aljabar, Trigonometri, Kalkulus, Aritmatika
  • Sains dan Teknik: Kosmologi, Fisika Dasar, Kimia Organik, Biologi
  • Komputer: Komputer animasi, pemrograman, computer sains
  • Tes prepare: GMAT, SAT, LSAT

Dan masih banyak lagi.

Pada tahun 2018, Khan Academy membuat aplikasi bernama Khan Academy  Kids. Aplikasi ini dibuat dengan tujuan memberikan inspirasi pebelajaran dan penemuan dengan pendidikan gratis dan menyenangkan bagi anak-anak usia dini hingga enam tahun.

Dengan Khan Academy Kids, anak-anak dapat belajar sambal bermain, mengenal karakter hewan, isi original, metode penyampaian berbeda, dan ada reward di dalam permainan.

 

3.Ted-Ed

TED

TED-Ed merupakan salah satu program Ted Talk yang mengkhususkan dalam bidang pendidikan. Misinya adalah untuk memicu dan merayakan ide-ide para guru dan siswa di seluruh dunia. TedEd juga memproduksi video animasi yang bisa diakses secara gratis. Ted-Ed dimiliki oleh TED Conferences LLC dan didirikan oleh Richard Saul Wurman.

Misi Ted-Ed adalah untuk memicu dan merayakan ide-ide atau gagasan para guru dan siswa di seluruh dunia. TedEd telah memproduksi video animasi, memfasilitasi para guru membuat media pelajaran interaktif, dan membagikan kepada selurug guru dan siswa di seluruh dunia.

Yang bisa dilakukan guru dengan TedEd, diantaranya guru bisa mengeksplorasi pelbagai sumber daya di TedEd, memberikan komentar dengan sesama guru yang lain. Setelah itu, guru bisa membawa sumber daya TedEd ke dalam kelas.

Beberapa subyek utama video pembelajaran bertemakan sains, matematika, teknik, ilmu sosial hingga bahasa. Diantara video animasi berjudul “Is there any truth to the King Arthur Legends?”.  Video dengan genre sejarah tersebut menceritakan tentang legenda raja Arthur. Anda bisa menemukan pelbagai video animasi menarik yang lain. Video dalam TedEd tersedia text translate, namun sayangnya belum bisa menerjemahkan ke dalam bahasa Indoensia.

 

4.Howcast

howcast

Howcast adalah situs web yang menyediakan conten berupa video How to singkat yang menggabungkan informasi praktis dengan pelbagai teknik pembuatan film dan animasi. Howcast diluncurkan pada bulan Februari 2008 oleh mantan karyawan Google, Jason Liebman, Daniel Blackman, dan Sanjay Raman.

Situs Howcast dinobatkan sebagai salah satu diantara 50 situs web terbaik 2008 oleh majalah TIME dan situs teratas oleh PC Magazine, pada tahun 2010 menjadi finalis 100 website terbaik. Howcast membuat aplikasi gratis  yang bisa diunduh di iPhone dan iPad. Situs juga bermitra dengan facebook, google, MTV dan Universitas Columbia.

Tema video tutorial yang telah dibuat mulai dari kesehatan, makanan, parenting, hewan, fitness, keuangan, pendidikan, video game dan teknologi. Guru bisa memanfatakan situs untuk mencari pelbagai tutorial.

 

5.Instructables

instructables

Instructables adalah situs pembelajaran hybrid, yang menawarkan konten material berupa teks dan video online gratis dengan pelbagai tema mulai dari kerajinan, teknologi, resep, pembuatan aksesoris, bermain game dan banyak lagi. Instructables dibuat oleh tim yang tergabung dalam Squid Labs.

Squid Labs merupakan perusahaan riset dan pengembangan teknologi yang dirikan oleh mantan mahasiswa MIT yang tergabung dalam MIT Media Labs pada tahun 2004, diantaranya Colin Bulthuap (insinyur listrik), Dan Goldwater (insinyur perangkat lunak), Saul Griffith (insinyur teknik mesin), Geo Homsy (ilmuwan komouter MIT), dan lain-lain.

Instructables menyediakan material pembelajaran gratis. Namun jika Anda menjadi member premium (berbayar) Anda bisa mengakses konten tidak terbatas dan tanpa iklan.

 

6.CK-12

ck12

CK-12 Foundation adalah organisasi nirlaba yang didirikan pada tahun 2007 oleh Neeru Khosla dan Murugan Pal di California, Amerika Serikat. CK-12 Foundation mempunyai tujuan mengurangi biaya pendidikan dan meningkatkan akses penddikan K-12 di Amerika Serikat dan luar negeri.

CK-12 menyediakan content pendidikan melalui platform berbasis web yang disebut “FlexBook”.  Sistem FlexBook merupakan platform online untuk membuat, merakit, dan mendistribusikan konten pendidikan interaktif. Flexbooks dapat diunduh dan digunakan, atau dapat disesuaikan oleh guru agar sesuai dengan gaya belajar siswa dan kurikulum setempat.

Dalam setiap buku, pengguna dapat menambah (teks, foto, dan video), mengurangi, mengedit, memberikan penilaian, dan catatan ke FlexBook. FlexBooks juga dapat dicetak maupun dibagikan melalui pelbagai media baik email maupun media sosial.

CK-12 juga menyediakan konten pembelajaran dalam bentuk ceramah video, deskripsi tekstual, simulasi multimedia, kuis, peta konsep, rencana pelajaran hingga flash card.

 

7.learner.org

learner

elearner.org adalah situs penyedia sumber belajar multimedia bagi guru dan siswa yang dikelola oleh Annenberg Foundation. Sumber daya multimedia Annenberg Learner membantu guru meningkatkan keahlian di bidang mereka dan meningkatkan motode pengajaran.

Annenberg Foundation merupakan  sebuah lembaga nirlaba yang didirikan oleh pebisnis dan investor Amerika, Annenberg. Annenberg Foundation membiayai beberapa proyek sosial, salah satunya adalah elearner.org. Video pembelajaran yang disediakan oleh situs terdiri dari tema seni, bahasa, literasi, matematika, sains, dan ilmu sosial.

Eleraner.org dan Annenberg Foundation juga menyediakan program Bridging World History, kursus mulitiedia yang diperuntukan bagi guru sekolah menengah dan perguruan tinggi dengan subyek sejarah yang terintegrasi. Kursus yang disediakan terdiri dari 26 unit (video setengah jam, kegiatan Web interaktif, dan materi cetak) yang dapat dieksplorasi baik di tingkat pengantar atau sebagai studi yang lebih maju.

Situs juga memiliki arsip lebih dari 1000 dokumen sumber utama dan artefak, artikel jurnal dari Journal of World History dan publikasi lainnya.

 

8.National Geographic

national geo

National Geographic Magazine adalah majalah ilmu pengetahuan yang dibuat oeh National Georaphic Society. National Geographic bisa diakses melalui website. Website national geographic memberikan konten yang lebih lengkap, ada majalah versi online, artikel, dan video.

National Geographic Society, adalah organisasi ilmiah dan pendidikan nirlaba terbesar di dunia. Didirikan pada tahun 1888 di Washington DC, dengan mengusung tujuan menyebarkan dan mempromosikan pengetahuan geografi, arkeologi, budaya, sejarah dunia dan ilmu alam. Diantara tokoh terkenal adalah Gardiner Greene Hubbard dan Alexander Graham Bell.

National Geographic juga menerbitkan National Georaphic Kids, majalah versi anak-anak juga bisa diakses di website. Website National Georaphic Kids selain berisi tentang artikel sains popular untuk anak-anak, juga menerbitkan video dan games bertemakan sains.

Bagi yang menyukai perjalanan ilmiah, bisa mengakses Open Explorer National Geographic. Open Explorer National Geographic diluncurkan pertama kali pada tahun 2014, bertujuan untuk mendemokratisasikan ilmu pengetahuan melalui proses ekspedisi ilmiah. Open Explorer dikelola oleh ilmuwan sekaligus petualang, David Lang.

Situs nationalgeographic sangat cocok bagi guru sains dan ilmu sosial. Manfatkan sumber daya di situs untuk memperkaya pembelajaran.

You can’t teach people everything the need to know. The best you can do is position them where they can find what they need to know when they need to know it

Seymour Papert, MIT Mathematician

 

9.Neo K12

neok12

Neo K12 situs penyedia sumber belajar dalam bentuk video, pelajaran, kuis dan permainan edukatif untuk K-12 yang disupport langsung oleh American Library Association. Neo K12 ingin anak-anak belajar di manapun dan kapanpun melalui model visual.

Situs Neo12 juga dilengkapi alat inovatif untuk belajar dan mengajar. Permainan kuis, diagram interaktif, permainan diagram alur, permainan kosa kata, dan permaina teka-teki. Selain itu situs juga menyediakan fasilitas yang memungkinkan sekolah atau guru bisa membuat presentasi online menarik dengan pelbagai topik.

Beberapa topik sumber belajar yang disediakan oleh situs, diantaranya: Physical Science (atom, listrik, energi, elektromagnetik); life science (hewan, tanaman, fosil, sell); Earth & Space (galaksi, solar sistem, planet, bintang); Social Studies (ekonomi, pemerintahan, industri, bank, demokrasi, biografi); Mathematic (geomotri, trigonometri, aljabar)

 

10.Rumah Belajar Kemdikbud

Rumah Belajar Kemdikbud

Portal rumah belajar merupakan situs menyediakan segala macam sumber daya pendidikan yang diluncurkan pada 15 Juni 2011 oleh Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan (Pustekkom), Kemdikbud.

Rumah belajar berisi konten bahan belajar yang dapat dimanfaatkan oleh pendidik dan peserta didik mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas/Kejuruhan (SMA/SMK) sebagai sumber media pembelajaran dengan delapan konten utama, yaitu sumber belajar, buku sekolah elektronik, bank soal, laboratorium maya, peta budaya, wahana jelajah angkasa, pengembangan keprofesian berkelanjutan, dan kelas maya.

Rumah belajar juga memberikan layanan ketersediaan sumber media pembelajaran dalam bentuk bahan belajar interaktif yang dilengkapi media visual, seperti gambar, animasi, video dan simulasi, serta dalam bentuk buu digital dalam format pdf.

Fitur peta budaya, disiapkan oleh situs dengan tujuan peserta didik dapat mengetahui keragaman budaya di nusantara, wahana jelajah angkasa dibuat untuk mengenalkan benda-benda angkasa kepada peserta didik, bank soal berisi kumpulan soal-soal latihan. Semua sumber daya rumah belajar dapat diunduh dengan gratis, namun pengguna harus login terlebih dahulu. 

Kehadiran Rumah Belajar merupakan respon dari gerakan Open Course Ware (OCW)

 

11.Watchknowlearn.org

watchknowlearn

Watchknowlearn.org  situs yang menyediakan domain online kelas dunia yang dapat dimanfaatkan oleh pendidik dalam mengelola pembelajaran online. Situs juga menyediakan sumber belajar dalam bentuk video yang dapat diakses gratis oleh guru, siswa dan orang tua.

WatchKnowLearn dibuat oleh St Charles Place Foundation yang dipimpin oleh Walt Henley PhD. Situs dibuat pada tahun 2008 dengan melibatkan pendiri Wikipedia, Dr Larry Sanger. Dr Sanger di awal proyek tersebut menjabat sebagai direktur eksekutif, sedangkan Henley sebagai direktur pemasaran.

Untuk meningkatkan kualitas konten, situs telah mengundang guru, instruktur, dan pendidik sebagai editor konten video dalam situs agar sesuai dengan kebutuhan siswa, serta komunitas. Para editor tersebut menyarankan, meninjau, menyetujui, dan menetapkan video-video ke dalam direktori yang sesuai dengan  kerangka kerja situs serta filosofi Wikipedia. 

Video yang tersedia situs merupakan video dengan kualitas tinggi yang ditemukan di internet, mencakup semua topik pendidikan utama mulai dari sekolah dasar hingga sekolah menengah. WatchKnowLearn telah mengindeks sekitar 50.000 video pendidikan, menempatkan ke dalam 5.000 direktori, diantaranya direktori  bahasa dan seni, matematika, sejarah, sains, komputer dan teknologi, sejarah, life skill dan banyak lagi.

Pengguna dapat mengakses seluruh sumber belajar tanpa registrasi atau biaya. Pengguna dapat masuk ke direktori untuk mencari video berdasarkan tingkat subyek dan usia. Situs tidak meng-host video, situs melayani seperti halnya sebuah perpustakaan yang memberikan tautan ke video-video pilihan.

 

12.Edutopia

edutopia

Edutopia adalah situs pendidikan yang didirikan pada tahun 1991 oleh Yayasan George Lucas Foundation. Situs Edutopia dibuat untuk merayakan dan mendorong inovasi di sekolah dengan focus pada penilaian komprehensif, studi terpadu, pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran sosial dan emosional, pengembangan guru dan integrasi.

Pada tahun 2012, Edutopia bekerja sama dengan facebook membuat panduan menjalankan media sosial untuk sekolah. Edutopia Bersama dengan Lucas Education Research melakukan penelitian bekerja sama dengan mitra untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi praktik mengajar yang keliru di kelas.

Web edutopia menyediakan konten berkualitas, khususnya artikel pendidikan dan ceramah-ceramah dalam bentuk video. 

Saya sarankan jika Anda ingin membuat Karya Tulis Ilmiah, jadikan artikel Edutopia sebagai salah satu referensi.

 

13.Better Explain

betterexplained

Better Explain adalah sebuah website yang mengkhususkan dalam penyebaran konten ilmu matematika. Better Explain di buat oleh Kalid Azad, ketika ia masih menjadi mahasiswa Ilmu Komputer Princenton University. Setelah lulus Princenton, Kalid bekerja di Microsoft, mengembangkan InstaCalc (kalkulator real-time yang bisa dibagikan), dan membuat perangkat lunak MindTouch.

Better Explain dibuat bertujuan untuk membantu para siswa atau mahasiswa dalam memahami konsep matematika dan menjadikan ilmu matematika sebuah pelajaran yang menyenangkan.

Anda bisa medapati pelbagai macam artikel matematika dengan sub pembahasan, seperti tentang teori number, formula Euler, calculus, aljabar, trigonometri,  geometri, statistic, web development dan komputer sains. Semua artikel tersebut ditulis sendiri oleh Kalid Azad.

Guru matematika atau siswa yang gila dengan ilmu ini bisa menjadikan better explain sebagai referensi dan Anda tidak perlu ragu dengan kredibilitas dan kapasitas sang penulis, meskipun usianya masih belia. 

Anda juga bisa berlangganan artikel-artikel menarik dari Kalid Azad dengan cara bergabung dan mengisi form pada fitur Join Subscribes.

 

14.Brainly

brainly

Brainly adalah perusahaan teknologi pendidikan berbasis di New York  yang menyediakan fasilitas tanya jawab kepada para siswa. Brainly dibuat oleh perusahaan Polandia Brainly.pl pada tahun 2009.  Brainly mengoperasikan kelompok jaringan pembelajaran sosial untuk siswa dan pendidik.

Pengguna juga bisa berbagi dan mengeksplorasi pengetahuan secara kolaboratif. Ketika pertama kali di rilis, pengguna brainly berjumlah 1 juta setiap bulan. Situs tanya jawab pendidikan yang didirkan oleh Michal Borkowski, Thomas Kraus, dan Lucas Haluch tersebut telah merilis beberapa versi, salah satunya versi Indonesia dengan alamat website brainly.co.id.

 

15.Quora

quora

Quora adalah situs dengan platform tanya jawab online untuk komunitas yang didirikan pada bulan Juni 2009 di Mountain View, California oleh Adam D ‘Angelo dan Charlie Cheever mantan karyawan facebook awal. Dengan Quora, pengguna dapat berkolaborasi dengan mengedit pertanyaan dan menyarankan pengeditan untuk jawaban yang telah dikirim oleh pengguna lainnya.

Pengguna Quora berkembang setiap tahun sejak 2010. Hingga April 2017, pengguan mencapai 190 juta. Aplikasi Quora dapat diunduh melalui Android maupun iOS.

Pada Januari 2013, Quora meluncurkan platform blogging yang memungkinkan pengguna menulis konten yang tidak dijawab diprofil mereka. Pada bulan Maret 2013, Quora meluncurkan teks lengkap pertanyaan dan jawaban di situs web mereka. Pada bulan November pada tahun yang sama, Quora meluncurkan fitur stats untuk melifat ringkasan dan statistic terperinci mengenai berapa banyak orang melihat, meningkatkan, dan berbagi pertanyaan dan jawaban. 

Quora telah terbit dalam pelbagai bahasa, seperti bahasa Indoenesia, Hindi, Portugis, Tamil, Marathi dan lain-lain.

Bagaimana menggunakan Quora?

  • Jika Anda ingin terlibat aktiv bisa mendaftar dengan menggunakan akun Google atau Facebook.
  • Kemudian buatlah profil pada akun Quora, di sarankan gunakan nama sebenarnya untuk meningkatkan kredibilitas.
  • Setelah itu bergabunglah pada komunitas untuk menjalin interaksi.

Anda bisa mengikuti program penulis top. Caranya? Anda harus meningkatkan kontribusi konten pada Quora dan mendorong pengguna lainnya untuk melihat dan berinteraksi terhadap konten yang Anda buat. Quora akan memilih para penulis top, dan memberikan mereka reward, sesekali Quora mengundang para penulis top dalam event tertentu.

 

16.MIT Open Course Ware

mitocw

MIT OpenCourseWare (MIT OCW) menerbitkan semua materi pendidikan mulai dari program sarjana dan pascasarjana online dengan bebas dan terbuka. MIT OpenCourseWare juga menyediakan 2.400 kursus yang tersedia secara online.

 

Kesimpulan

Ke-15 Situs Web di atas sangat bermanfaat bagi Anda. Simpanlah artikel yang telah Saya tulis sehingga ketika Anda membutuhkan dapat melacak dengan mudah. Adakah situs penyedia sumber belajar selain di atas? Pasti Ada!. Jika menemukan silahkan memberikan list di kolom komentar.