Seiring dengan maraknya situs penyedia kursus online, guruproduktif mencoba meriview beberapa MOOCs popular dunia. Setidaknya terdapat 23 MOOCs popular, tiga diantaranya dari Indonenesia.

Berikut 23 Situs Penyedia Kursus Online tersebut.

  1. Caursera

Coursera web

Coursera merupakan platform pembelajaran online yang didirikan pada tahun 2012 oleh Profesor Andrew Ng dan Daphne Koller. Andrew Ng adalah Profesor Ilmu Komputer Stanford University.

Ng belajar ilmu computer dan statistic CMU, memperoleh gelar master dari MIT, dan Ph.D dari University California Berkeley. Profesor Ng pernah bekerja dan mengepalai proyek Google Brain.

Sedangkan partnernya Daphne Koller adalah pengajar Departemen Ilmu Komputer Stanford University. Ilmuwan kelahiran Israel tersebut menempuh pendidikan di Universitas Ibrani Yerusalem, memperoleh gelar master di usia 18 tahun. Ia menyelesaikan gelar Ph.D dari Stanford.

Coursera menawarkan kursus online dalam pelbagai disiplin ilmu seperti teknik, computer, bisnis dan lain-lain. Pengguna bisa mengikuti kelas online gratis, namun jika pengguna mau berlangganan chanel dengan berbayar, maka fasilitas yang akan didapat lebih banyak. Pada bulan Uji 2018, Coursera memiliki lebih dari 33 juta pengguna dan 2.400 program kursus.

Beberapa program yang ditawarkan:

  • Bisnis: akuntansi, manajemen, marketing, kewirausahaan
  • Ilmu Komputer: Sofware development, Algoritma, Design & Product
  • Data Science: Data Analysis, Machine Learning, Probability & Statistics
  • Life Sciences: Animal and Veterinary, Bioinformatics, Biology
  • Sosial Sciences: Economics, Education, Law, Psychology

Selain itu Coursera juga menawarkan program degrees: MBA-iMSA bekerjasama dengan University of Illinois at Urbana-Champaign; Global Master of Business Administration bekerja sama dengan Macquarie University, MSc in Innovation and Entrepreneurship bekerja sama dengan HEC Paris. Hingg saat ini di Coursera terdapat 2,700 jenis kursus, 150 perguruan tinggi yang telah berpartisipasi, 250 spesialisasi, dan 4 program master.

Setiap kursus di Coursera diajarkan oleh instruktur top dari pelbagai universitas dan lembaga pendidikan terbaik dunia. Materi kursus dibawakan melalui rekaman video ceramah, penugasan otomatis dan penilaian sejawat, dan forum diskusi komunitas. Ketika menyelesaikan kursus, Anda kan menerima sertifikat elektronik.

Untuk bisa mengakses program Coursera beberapa diantaranya premium, sebagian gratis. Untuk program kursus online biaya sekitar  $29-$99 dengan durasi tempuh kursus 4-6 minggu. Sedangkan untuk program Online Degrees (Master) waktu tempuh sekitar 1-3 tahun dengan biaya antara $15-$25.000.

 

  1. edX

edX website

edX merupakan salah satu penyedia host kursus online terbesar di dunia, beberapa program kursusnya gratis. edX adalah lembaga nirlaba dan berjalan pada platform open source yang didirikan oleh ilmuwan MIT dan Harvard, salah satunya adalah Anant Agarwal.

Anant adalah pengusaha, ilmuwan arsitektur komputer India sekaligus Profesor ilmu komputer di MIT. Ia menempuh pendidikan di Indian Institute of Technology Madras, dan Ph.D dalam bidang teknik listrik dari Universitas Stanford.

Visi Edx adalah meningkatkan akses ke pendidikan berkualitas tinggi untuk semua orang, di mana saja; meningkatkan pengajaran dan pembelajaran di kampus dan online; memajukan pengajaran dan pembelajaran melalui penelitian.

Kursus Edx terdiri dari urutan pembelajaran mingguan yang terdiri dari video pendek yang diselingi dengan latihan pembelajaran interaktif, di mana siswa dapat segera mempraktikkan konsep-konsep yang diajarkan melalui video pembelajaran.

Beberapa kursus mencakup video tutorial yang mirip dengan kelompok diskusi kecil di kampus, buku teks online, dan forum diskusi online di mana siswa dapat memposting dan meninjau pertanyaan dan komentar satu sama lain, termasuk dengan asisten pengajar.

Peserta yang menyelesaikan kursus mendapat dua tawaran. Tawaran pertama tanpa sertifikat tanpa dipungut biaya sepersen pun. Kedua, kursus dengan bersertifikat namun peserta harus mengeluarkan beberapa biaya bervariasi tergantung jenis kursus yang diambil.

Beberapa tema umum yang dtawarkan dalam program Edx, diantaranya: Architekture; Art & Culture; Biology & Life Sciences; Business & Management; Chemistry; Communication; Computer Science; Data Analysis & Statistics; Design; Economics & Finance; Education & Teacher Training; Electronics; Energy & Earth Sciences; Engineering; Environmental Studies; Ethics; Food & Nutrition; Health & Savety, Math; Medicine; Science; Physics; Social Sciences; dan lain-lain.

Ada kursus intensif dengan empat program utama: Computer Science: Algoritma, Struktur data, Pemrograman, Web etc; Business & Management: Supply Chain, Economics, Finance; Data & Analytics: AI, Big Data, Machine Learning, Pyhton; Professional Skills: Excel, Data Visualization, Soft Skill, etc.

edX juga menyediakan produk Open edX, sebuah perangkat lunak dengan platform open-source yang dikembangkan oleh edX, tersedia secara bebas untuk institusi pendidikan tinggi lain dan code source dapat ditemukan di GitHub. Beberapa institusi menggunakan Open edX dalam layanan MOOC, seperti St Goerge’s University dan Universitas La Serena.

Secara umum banyak intitusi yang bermitra dengan edX, diantaranya: Harvard University, California Berkeley University, Microsoft, AWS Amazon, Columbia University, The University of Texas System, dan sederet perguruan terkemuka yang lain.

 

“In 50 years, there will be only  10 institution in the world delivering hingher education and Udacity has a shot at being one of them”

Professor Sebastian Thrun

 

  1. Udacity

Udacity website

Udacity, Inc merupakan organisasi nirlaba pendidikan yang membuat program kursus online terbuka, didirikan oleh beberapa ilmuwan computer seperti Sebastian Thrun dan David Stavens pada tahun 2012.

Udacity pertama kali membuka kursus online ilmu computer bagi mahasiswa Stanford. Udacity banyak meawarkan program kursus online kejuruan hingga saat ini, pengguna Udacity mencapai 1,6 juta orang.

Keberhasilan Udacity tidak terlepas dari Sebastian Thrun dan David Stavens. Sebastian Thrun, seorang innovator, ilmuwan Stanford, mantan VP Google, founder Google X. Sedangkan David Stevens, seorang pengusaha dan ilmuwan di balik DARPA Grand Challenge.

Stavens belajar di Princeton, lulus dengan gelar BSE dalam bidang ilmu computer, pada usia 19 tahun. Kemudian melanjutkan untuk meraih gelar master dan Ph.D di Stanford University dengan bimbingan Sebastian Thrun.

Misi Udacity adalah untuk mendemokratisasikan pendidikan melalui penawaran peluang pendidikan tinggi berkelas dunia yang dapat diakses siapapun, fleksibel dari aspek waktu, dan ekonomis.

Udacity bermula dari kelas gratis ilmu komputer yang ditawarkan pada tahun 2011 melalui Universitas Stanford.

Pada tahun 2012, terdapat 90.000 siswa yang mendaftar.  Pada tahun yang sama, Udacity diluncurkan setelah mendapatkan pendanaan dari Charles River Ventures, Andreessen Horowitz.

Pada tahun 2014, Udacity memiliki pengguna 1,6 juta, 12 kursus penuh dan 26 kursus gratis. Pada tahun yang sama, Institut Teknologi Georgia membuka gelar sarjana computer dengan bekerja sama dengan Udacity. AT & T, membuka gelar master bekerjasama dengan Udacity dengan biaya yang harus di tanggung siswa sebesar $ 7.000.

Kursus pertama kali dibukan oleh Udacity pada bulan Februari tahun 2012, dengan pengajar David Evans dari University Virginia dan Sebastian Thrun. Pada bulan April, Stve Huffan dan Peter Norvig menjadi pengajar. Pada bulan Agustus 2012, kursus baru tengtang kewirausahaan diluncurkan dengan intruktur Steve Blank. Kemduian empat kursus lagi diadakan kolaborasi dengan Google, Nvidia, Microsoft dan Autodesk.

Kursus dalam Udacity terdiri dari bebrapa unit yang berisi ceramah video dengan teks tertutup, terdapat kuis terintegrasi untuk membantu siswa dalam memahami konsep. Beberapa kursus Udacity gratis, beberapa diantaranya berbayar. Pada tahun 2015, udacity memulai program Nanodegree, program kredensial berbayar sedikit lebih mahal, tetapi Udacity menjamin pekerjaan.

 

Program yang ditawarkan kepada siswa diantaranya:

  • Programming: Front end Web Dev, iOS Dev, Blockchain, Mobile Web, etc
  • Artificial Intelligence: Phthon, Computer Vision, Deep Learning, AI, etc
  • Data Sience: Data Analyst, Data Scientist, Business Analytics, etc.
  • Autonomous Systems: Machine Learning, Self Driving Car, Robotics,etc
  • Business: Digital Marketing, Business Analytics, Design Sprint,e tc

 

  1. Udemy

Udemy website

 Udemy merupakan salah satu platform pembelajaran online terbesar di dunia yang didirikan pada 2010.Hampir semua program Udemy merupakan program keterampilan teknis untuk mendukung dunia kerja.

Pengguna bisa mengambil salah satu program kursus online dan berhak mendapatkan sertifikat jika lulus. Program Udemy dapat diakses secara gratis dan ada yang berbayar. Pada tahun 2018, Udemy berhasil membuka program kursus online sebanyak 100.000 kursus melalui situs web.

Pada tahun 2007, pendiri Udemy, Eren Bali membangun perangkat ruang kelas virtual di Turki. Melihat potensi besar dari sector bisnis, kemudian Bali memindahkan proyeknya di Lembah Silikon. Dua tahun kemudian, situs diluncurkan Bali Bersama dengan Oktay Caglar dan Gagan Biyani pada awal 2010.

Di awal kepindahan di Silicon Valley, Bali menawarkan produk Udemy ke beberapa investor, namun sayangnya tidak ada investor yang tertarik hal ini membuat founder menghentikan pengembangan produk. Mereka tidak patah arah, udemy mengalami pertumbuhan dengan pesat.

Ada ribuan instruktur dan program kursus. Hingga akhirnya beberapa investor datang, seperti Groupun, 500 Startups, Insight Venture Partners, Lightbank Capital, Learn Capital, Nortwers Venture Partners, Stripes Group dan Naspers Ventures.

Pada tahun 2017, Udemy menujuk Kevin Johnson sebagai CEO. Kevin Johnson adalah pakar digital marketing. Sebelum bergabung dengan Udemy, ia adalah CEO Ebates Inc, leader Acxiom Digital dan Boston Consulting Group.  Kevin belajar ilmu ekonomi di University of California Berkeley dan mendapatkan MBA dari Stanford.

Udemy menyediakan platform bagi instruktur dan siswa yang ingin belajar secara online dengan beberapa topik pilihan. Tools belajar Udemy menggunakan video, audio, Power Point, Pdf, file zip dan kelas kursus langsung. Para instruktur dapat berinteraksi dengan siswa melalui papan diskusi.

Ada banyak program atau topik yang ditawarkan, mulai dari Pengembangan diri, bisnis, IT dan perangkat lunak, produktivitas kantor, desain, pemasaran, gaya hidup, fotografi, kesehatan dan kebugaran serta musik. Beberapa program di atas kerja sama dengan perusahaan teknologi besar, seperti sertifikasi Amazon AWS dan pengembangan iOS.

Udemy menawarkan produk Udemy for Business, produk ini memungkinkan praktisi bisnis mengakses serangkaian ribuan topik kursus. Udemy for Business, menyediakan organisasi bisnis membuat portal pembelajaran khusus bagi karyawannya.

Pengusaha sekaligus inovator, Jack Welch telah bekerjasama dengan Udemy melalui program MBA online dengan nama Jack Welch Management Institute (JWMI) dan menggandeng Strayer University.

Aplikasi Udemy dpaat diunduh di Android dan Apple iOS. Pada tahun 2016, Udemy memperluas platform iOS dengan bergabung dengan Apple TV.

 

  1. Lyinda

lynda website

Lynda.com adalah situs kursus online melalui video yang dijarkan oleh para pakar dalam pelbagai bidang, seperti perangkat lunak, kreativitas dan  masih banyak lagi. Lynda didirikan pada 1995 oleh Lynda Weinman. Pada tahun 2015, Lynda diakuisi oleh LinkedIn sehingga Lynda menjadi LinkedIn Learning. Satu tahun kemudian perusahaan induk, LinkedIn diakuisisi oleh Microsoft.

Lynda Susan Weinman adalah pebisnis Amerika, instruktur computer, dan penulis. Weinman belajar keterampilan computer secara otodidak, kemudian dia bekerja dalam indusutri film, menjadi anggota fakultas Sekolah Tinggi Desain dan Seni UCLA, pengajar program Multimedia di Universitas San Francisco.

Lynda.com menawarkan pelbagai topik kursus, diantaranya web design, Marketing & Sales, dan sederet topik yang lain. Untuk bisa mengakses produk training Lynda.com, penguna bisa mendaftar trial satu bulan, setelahnya akan dikenakan biaya bulanan berkisar $ 29.99. Aplikasi Lynda.com atau LinkedIn Learning dapat diunduh di Android maupun iOS.

 

  1. Learning Future

futurelearn website

Future Learning sebuah platform pendidikan digital yang didirikan pada bulan Desember 2012 oleh Open University, Inggris. Learning Future bagian dari MOOC diluncurkan dengan bermitra 12 Universitas diantara bermitra dengan Universitas Birmingham dan King’s College London, dan 143 mitra lain.

Kursus pertama kali dibuka pada 14 Oktober 2013, dengan program Ilmu web yang berkolaborasi dengan University of Southampton, pengatar ekosistem (Open University), Fotografi gigi (University of Birmingham), Kedokteran gigi (Universitas Sheffield), Penyebab perang (King’s College London), Pemrograman Game seluler (University of Reading), Sejarah Raja Richard III (University of Leicester).

Beberapa program yang ditawarkan Future Learn mulai dari:

Business & Management (big data, communication skills, innovation, management & leadership, marketing, finance, entrepreneurship, professional development);

Creative Arts & Media (film, music, journalism, photography, theatre);

Health & Psychology (antibiotic resistance, cancer, nursing, nutrition, healthcare, parenting, healthcare technology, psychology & mental health);

History (Ancient history, ancient Rome, British History, English History, German History, irish History, Jewish History, Modern history, World War History, World War One, World War Two, Military History, Medieval History);

Languanges & Cultures (English, cultural studies,diversity, heritage, languages, learn dutch, learn irish, learn Italian, writing);

Law; Literature (beberapa topik beberapa karya sastra);

Nature & Environment; Politics; Science, Engineering & math (biology, chemistry, climate change, computer sciences, energy, engineering, math, medicine, programming, science);

Study Skills; Teaching (Inclusive teaching, language teaching, primary education teaching, professional development for teachers, secondary education teaching, STEM teaching); Tech & Coding.

Beberapa program futurelearn gratis, namun pengguna tidak mendapatkan sertifikat. Jika mendapatkan sertifikat, pengguna harus mengupdate akun menjadi akun premium.

Bagaimana menggunakan futurelearn? Daftarkan akun Anda, jelajahi kursus yang Anda cari, daftar mulai kursus. Ketika kursus dimulai, Anda akan dibantu dengan dashboard yang berisi beberapa fitur dan navigasi. Kursus futurelearn dibagi menjadi beberapa minggu yang terdiri dari beberapa pertemuan. Pembelajaran diberikan dalam bentuk video, audio dan artikel, termasuk quis. Masing-maisng peserta dapat bertanya sekaligus berdiskusi.

 

  1. Code org

 

Code.org sebuah lembaga nirlaba yang menyediakan kursus online dalam bidang ilmu computer, khususnya pemrograman. Di dirikan pada Desember 2013, oleh Hadi dan Ali Partovi. Code.org memproduksi tutorial membuat video game Flappy Bird, program pengkodean seputar karakter dalam film Disney, Angry Birds, dan Plants vs Zombies.

Apa yang telah dilakukan Code.org selama ini? Code.org bekerja dalam spektrum pendidikan: merancang kursus, bermitra dengan pelbagai lembaga, melatih guru, bekerja dengan mitra beberapa sekolah dasar, membantu merubah kebijakan pemerintah, mendanai dan menyebarkan pendidikan ilmu computer.

Code.org telah menjangkau di luar Amerika Serikat. 40% lalu lintas situs berasal dari luar Amerika Serikat. Untuk menjangkau akses global, code.org menjalin lebih dari 100 mitra internasional, membantu mempromosikan program “Hour of code”.  Semua sumber daya kurikulum dan tutorial yang telah dibuat bebas digunakan dan dilisensikan secara terbuka di bawah lisensi creative commons, yang memungkinkan orang lain untuk membuat sumber daya pendidikan turunan dengan tujuan non-komersial.

Code.org didirikan oleh Hadi Partovi, seorang wirausahawan, investor dan ilmuwan komputer. Lahir di Teheran Iran, Hadi berimigrasi ke Amerika Serikat. Ia berhasil meraih gelar master dalam ilmu komputer Harvard University. Setelah lulus, Hadi bekerja di Microsoft hingga masuk jajaran eksekutif di sana. Hadi Partovi pernah menjadi penasehat awal perusahaan teknologi termasuk facebook, Dropbox, Airbnb, dan Uber.

Saat ini code.org dipimpin oleh Jeff Wilke. Jeff Wilke adalah Ceo Amazon World Wide sejak 2016. Ia memimpin ritel, operasi, teknologi, dan pemasaran, dan Amazon Marketplace.

Beberapa mitra code.org diantaranya adalah, Amazon, Facebook. Microsoft, Bill and Melinda Gates Foundation, Google, Omidyar Network, Vista Equity Martners, Ballmer Family Giving, Pricewaterhouse Coopers, John and Ann Doerr, Quadrivium Foundation, Drew Houston, Pluralsight One, Chan Zuckerberg Initiative, Salesforce.

 

  1. Codecademy


Codecademy merupakan platform belajar online yang menwarkan kelas pemrograman gratis dalam 12 bahasa pemrograman berbeda (Phthon, Java, JavaScript, SQL, Ruby dan lain-lain). Codecademy didirikan pada Agustus 2011 oleh Zacs Sims dan Ryan Bubinski. Program yang ditawarkan ada yang gratis dan sebagia besar berbayar.

Zach Sims dan Ryan Bubinski saat mendirikan Codecademy masih berstatus sebagai mahasiswa. Sims keluar dari Columbia University untuk memfokuskan dalam mengembangkan situs Bersama Bubinski. Perusahaan berhasil menarik investor, termasuk diantaranya Index Ventures dan Union Square Ventures.

Codecademy menyediakan platform kursus untuk mempelajari comman line dan git. Pada tahun 2015, situs bermitra dengan Periscope menyediakan kursus mempelajari SQL. Pada tahun 2015 membuka kursus java. Pada tahun 2014, situs sudah memiliki lebih dari 24 juta pengguna dan telah menyelesaikan lebih dari 100 juta kursus.

Program codecademy terbagi menjadi tiga, yakni Web Development, Programming and Computer Science, dan Data Sciences. Web Development menyediakan topik belajar HTML, CSS, Javascript. Programming menyediakan topik kursus Phyton, CMNLine, dan Data Sciences menyediakan kursus Phyton dan SQL.

 

  1. GCF Learning Fee

 

GCF LearnFree.org adalah situs pendidikan online gratis yang memfokuskan pada teknologi, keterampilan. Didirikan pada 200 oleh Goodwill Industries of Eastern NC Inc (GIENC) dan Goodwill Community Foundation Inc (GCF).

Program GCF LearnFree.org dirancang bagi pengguna agar bisa mandiri ketika belajar. Situs web menawarkan puluhan tutorial mandiri dalam teknologi, Microsoft Office, pekerjaan dan karir, literasi, ilmu matematika dan kehidupan sehari-hari. Semua tutorial dapat diakses tanpa perlu registrasi, tetapi pengguna bisa membuat akun di situs dan dapat melacak riwayat belajar.

Tutorial belajar disedikaan menggunakan video, audio dna teks.

GCFLeranFree.org menawarkan kelas online gratis yang menyediakan sertifikat bagi yang lulus. Kelas online memerlukan pedaftaran dan penyerahan tugas, dan didukung instruktur online.

Beberapa mitra yang telah bekerja sama adalah: UNESCO, TechSoup Global, Autism Speaks, Intell Education Services Corps, World Vision, Correctional Service Canada, Wal-Mart, Compusoft, Caterpillar Inc, Saudi Arabian Airlines, Arizona State Legislature, Connecting for Good, EduLearn, Learning.com, Nativehire.org, DigitalLearn.org. Beberapa program yang ditawarkan mulai dari Microsoft Office, Google, Internet Skill, 3D Painting, Grammar, dan Desain Grafis.

 

  1. CreativeLIVE

 

CreativeLive merupakan sebuah platform pendidikan online yang mayoritas berisi tentang video pembelajaran. Pada tahun 2010, lebih dari dua miliar menit pengajaran kursus telah ditonton oleh jutaan siswa. CreativeLive didirikan oleh Chase Jarvis, seorang pengusaha dan artis AS.

Creative Live didirikan oleh Chase Jarvis dan Craig Swanson di Seattle pada 2010. Dua tahun kemudian perusahaan telah mengumpulkan pembiayaan dari Greylock Ventures, Google Ventures, Creative Artist Agency, CruchFund dan The Social + Capital Partnership.

Pembelajaran di Creative Live menggunakan video dan audio. Beberapa tokoh terkenal yang pernah menjadi instruktur creative life adalah Reid Hoffman, Tim Ferris dan Anne Geddes. Sederet kelas yang ditawarkan Creativelive diantaranya:Photo and Audio, Art Design, Craft & Maker, Music & Audio.

Guru keterampilan, vocational atau kejuruhan dapat memanfaatkan creative life dalam mengasah skill mereka. Siswa bisa menggunakan creativelife meningkatkan keterampilan sebelum masuk dunia kerja. Pengguna yang ingin mengakses kelas creativelife harus mengeluarkan beberapa biaya tergantung kelas yang ditawarkan.

 

  1. Tuts Plus

envatotutsplus

Tuts+/Tuts Plus situs penyedia sumber daya belajar dalam bentuk text, Ebooks, dan video yang dibuat oleh perusahaan kreative Envato.

Envato adalah jaringan pasar digital yang mendistribusikan produk kreativitas, seperti design grafis, design web, dan tutorial how to. Perusahaan ini didirikan pada 2006 oleh pekerja kreativ Collie Ta’eed, Cyan Claire dan Jun Rund di Melbourne, Australia.

Sejak pertama kali dirilis pada 2007, Tuts Plus telah menampung 18.000 tutorial gratis tentang desain grafis, web design, pemrograman, fotografi dan lain-lain. Pada 2016, perusahaan telah berada di peringkat ketiga dari 50 perusahaan startup Australia.

Produk Tutsplus ada tiga macam. Pertama adalah artikel atau tutorial dalam bentuk teks. Kedua,Tutorial dalam bentuk ebook, dan Ketiga adalah kursus online. Ketiga produk tersebut bertemakan tentang pemrograman, web design, foto dan video, music dan audio, montion graphic, game development, dan computer skill.

Salah satu contoh tema design terdiri dari materi tentang Adobe Photoshop, Drawing, adobe Illustrator, Adobe InDesign, Vector, dan Icon Design. Salah satu kursus online tema design yang ditawarkan seperti kursus Adobe Illustrator pemula, membuat cover buku, tipografi menggunakan photoshop, Adobe Photoshop untuk pemula, membuat flyer dan masih banyak lagi.

Tutorial dalam bentuk teks bisa diakses oleh siapapun dengan gratis. Namun ebooks, dan kursus online tidaklah gratis.

Pengguna harus mendaftarkan diri untuk menjadi pelanggan tutsplus dengan biaya bulanan $16.50 yang bisa dibayarkan melalui Paypal atau kartu kredit. Fasilitas yang didapat oleh pengguna berbayar adalah, pengguna bisa mendownload 1,200 video kursus online, 240 lebih eBooks, dan Unlimited download Envato Elements yang terdiri dari elemen grafis, video, audio, template presentasi, foto, font hingga theme wordpress.

Tutsplus bisa menjadi salah satu sumber daya pengetahuan yang bisa dimanfaatkan oleh guru, terlebih lagi guru produktif atau SMK. Bagi siswa situs dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan praktis. Selain itu, juga menjadi peluang untuk meningkatkan kemandirian dengan menjadi mitra di marketplace envato.

Training Developers need to integrate technology seamlessly into curriculum instead of viewing it as an add-on, an after-thought, or an event

Heidi Hayes Jacobs, Mapping Institute

 

  1. Harvard Extension

harvardex

Harvard extension program ektensive belajar baik offline maupun online yang diselenggarakan oleh universitas tertua di dunia, Harvard University dengan menawarkan pelbagai bidang ilmu dan keterampilan. Mulai tahun 2014, Harvard Extension membuka pembelajaran jarak jauh dengan format media video, dan konferensi web.

Kursus online pertama kali ditawarkan pada tahun 1997. Pada tahun 2016, jumlah kelas online tumbuh dari 200 mejadi 450 lebih jenis kursus. Subyek atau tema kursus yang dtawarkan mulai dari bahasa, sains, teknologi, pendidikan, sejarah, komputer hingga ilmu kesehatan.

Salah satu kursus online yang ditawarkan adalah tentang prinsip-prinsip kimia organik yang dibawakan oleh Sirinya Matchacheep, Ph.D, pengajar Departemen Kimia dan Biologi Universitas Harvard. Hampir semua kursus yang ditawarkan institusi Harvard berbayar.

 

  1. Stanford Online

stanfordonline website

Stanford Online situs penyedia belajar online gratis yang dikelola oleh Universitas Stanford dengan menggandeng beberapa fakultas dan departemen di Stanford. Stanford online menawarkan berbagai peluang pendidikan yang dirancang untuk membantu siapapun Anda dalam memenuhi tujuan pembelajaran pribadi.

Beberapa kursus mempunyai kredit akademik, ditunjukkan dalam transkrip universitas. Beberapa studi ditempuh paruh waktu, peserta datang di kampus Stanford atau sepenuhnya dapat diselesaikan melalui sistem online. Program lain, yakni kursus bersertifikat yang terdiri dari sertifikat professional, sertifikat prestasi, dan sertifikat penyelesaian.

Beberapa program yang ditawarkan Stanford online gratis, beberapa diantaranya berbayar. Stanford online menawarkan lebih dari 100 kursus online terbuka. Kanal lain  yang bisa di tuju adalah di Stanford iTunes, Stanford Youtube, dan StanfordeCorner.

Diantara kursus yang ditawarkan adalah “How to learn Math for Teacher”. Program in berisi tentang strategi pedagogik, memahami kualitas tinggi tugas matematika, memberikan pesan kepada siswa, dan lain-lain. Untuk bisa mengikuti program ini sampai selesai, pengguna harus membayar $99.

 

  1. Alison

alison website

Alison adalah penyedia belajar online atau e-learning yang didirikan oleh pada bulan April 2007 oleh Mike Feerick, seorang wirausahawan sosial Irlandia. Feerick meraih gelar MBA dari Harvard. Dia memiliki waralaba JFAX yang kemudian dijual ke Esat Telecom. Ia juga dikenal sebagai pendiri sekaligus mantan CEO Yac.com.

Pada tahun 20017, Alison memiliki 11 juta pelajar, dan 1,5 juta lulusan dengan menyediakan 1.000 program, beberapa diantaranya gratis. Alison memiliki akses dengan beberapa program universitas terkenal, seperti Columbia University, Cambridge, Yale, perusahaan teknologi seperti Microsoft dan Google. Alison tersedia beberapa Bahasa, seperti Spanyol, Inggris, Prancis, Arab dan China.

Beberapa tema besar program yang ditawarkan Alison diantaranya tentang kesehatan, humaniora, sains, marketing, bahasa, IT, bisnis, matematika dan life style. Seorang guru matematika misalnya bisa memilih salah satu kursus denagn subyek matematika, salah satunya adalah kursus aljabar atau statistik.

Bagaimana cara mengikuti program Alison? Anda tinggal register, kemudian mendaftar, mengikuti program, kelulusan dan terakhir mendapatkan sertifikat. Beberapa program kursus Alison gratis, dan berbayar. Alison menawarkan pemberian sertifikat kelulusan. Sertifikat digital dihargai €12.00, program diploma €39.00, untuk program learning path sebesar €149.00

 

  1. Academic Earth

 

Academic Earth adalah situs web yang menawarkan kursus online dan program degree melalui video dan ceramah-cermah akademik dari pelbagai universitas terkemuka. Academic Earth pada 2019 mendapatkan penghargaan 50 best websites of 2009 oleh majalah Time. Situs juga mendapatkan penghargaan Top 100 websites oleh majalah PC Mag.

Academic Eart berawal ketika Ludlow menemukan video kuliah penuh dari Profesor Gilbert Starng. Menurut Ludlow video tersebut merupakan sumber daya pengetahuan yang bisa disebarkan melalui online. Academic Earth pada tahun 2012, diakuisisi oleh perusahaan Ampush.

Academic Earth menjalin kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi seperti Dengan rincian, Darmouth College menyelenggarakan 1 kursus, Harvard menyelenggarakan 17 kursus, MIT 232 kursus, Princenton 3 kursus, Stanford 161 kursus, George Washington University 1 kursus, UC Berkeley 4 kursus dan sederet perguruan tinggi yang lain.

Disiplin ilmu yang ditawaran, seperti: ilmu astronomi, biologi, kimia, ilmu computer, ekonomi, fisika, matematika, pendidikan dengan total sekitar 50 disiplin ilmu. Tema khusus dalam ilmu pendidikan yang ditawarkan sangat banyak sekali, diantaranya yang bisa dimanfaatkan oleh guru: Concept-centered Teaching, Economics of Education, Entertainment Education for Behavior Change, Media, Education, dan Marketplace, Technoligies for creative Learning, dan lain-lain.

 

  1. IndonesiaX

indonesiax website

IndonesiaX merupakan situs penyedia kursus online yang dibuat dan ditawarkan dari pelbagai universitas dan perusahaan terbaik di Indonesia. Semua materi kursus dapat diakses diwebsite, dan pengguna yang lulus tes online atau ujian akan mendapatkan e-sertifikat. IndonesiaX, seperti halnya dengan MOOC, menawarkan kursus dari universitas, institusi dan para praktisi.

IndonesiaX dipimpin oleh Lucyanna Pandjaitan, mantan eksekutif bank ADB dan Rabobank. Semua kursus yang disediakan IndonesiaX gratis. IndonesiaX berkembang melalui sistem kemitraan dan  donasi.

Indonesiax sangat bagus untuk meningkatkan wawasan global guru. Misalnya guru SMK Kewirausahaan bisa mendalami ilmunya dengan mengambil kursus tentang pemasaran efektif di era digital yang dibawakan oleh tim dari Markplus. Gratis, namun jika ingin mendapatkan sertifikat, maka peserta harus membayar.

 

  1. Cozora

cozora website

Cozora adalah perusahaan teknologi dalam bidang pendidikan yang memiliki produk kelas online dan untuk pertama kalinya dirilis pada Januari 2016. Diantara produk cozora adalah, pertama Cozora Intensive Online Class. Cozora Intensive Online Class merupakan serangkaian kelas online intensive dimana setiap kelas terdapat kurikulum dan mentor. Topik yang ditawarkan mulai dari TOEFL, IELTS, dan lain-lain.

Produk ke-2 adalah Cozora Live. Cozora live merupakan layanan yang diberikan kepada siapa saja dalam bentuk teknologi live cast/live striming. Live cast dapat digunakan baik individu, organisasi, komunitas maupun perusahaan.

Cozora didirikan oleh alumni Fakultas Ilmu Komputer UI, yaitu Aulia Viyansyah, Riza Herzego, dan Dimas Ramadhani. Live cast merupakan salah satu produk unik Cozora, dimana pengguna dapat melakukan seminar, kelas , rapat, atau kursus online melalui siara video langsung.

Bagaimana memulai cozora?. Pengguna bisa mendapatkan akses dengan mudah. Pengguna bisa mengunjungi situs, mendaftarkan diri pada menu “register. Usai mendaftar, pengguna dapat berperan sebagai penyelenggara maupun sebagai peserta kelas online.

Penyelenggara dapat memulai kelas online pada menu “create live cast”, sedangkan peserta dapat mengikuti sejumlah kelas yang tersedia pada menu “classes”. Terdapat dua tipe kelas yang ditawarkan Cozora, yaitu free live cast dan paid live cast (berbayar). Untuk paid live cast, peserta harus membayar sejumlah biaya yang sudah ditetapkan oleh penyelenggara.

 

  1. Eliademy

eliademy website

Eliademy adalah ruang kelas online gratis yang memungkinkan bagi guru dan siswa mengelola kursus online dengan dilengkapi fasilitas diskusi dan manajemen tugas. Situs Eliademy menggunakan sistem Moodle, dengan didukung media sosial Twitter, Bootstrap, open source yang lain dan tersedia dalam 32 bahasa.

Eliademy dilaunching ke publik pada tahun 2013 oleh perusahaan CBTec dari Helsinki, Finlandia. Eliademy pada tahun 2014 telah terpilih sebagai salah satu diantara 20 perusahaan e-learning paling inovatif.

 

Pengguna dapat mengakses Eliademy secara gratis, beberapa kursus berbayar. Situs web juga menyediakan produk untuk bisnis. Produk untuk bisinis bersifat full komersial. Beberpa tema yang ditawarkan Eliademy mulai dari Art and Design, Business, Education, Languages, Life Science, Physical science, Sosial science, dan Technology.

Guru dapat mengakses kursus gratis di bidang pendidikan, seperti Language Learning with Technology yang dibawakan oleh Graham Stanley, dan 7 Habist of Highly Effective People by Stephen R Covey yang materinya di bawakan oleh American Leadership Academy Professional Development.

 

  1. Team Tree House

treehouse website

Treehouse atau Teamtreehouse adalah website penyedia belajar online yang memfokuskan pada tema teknologi online, seperti desain web, pengembangan web, game dan lain-lain. Treehouse didirikan pada 22 Maret 2011 oleh Ryan Carson, alumni mahasiswa Ilmu Komputer Colorado State University. Ryan Carson mendirikan Treehouse, sebuah proyek yang muncul dari perusahaan Carson sebelumnya, bernama Carsonified.

Misi Treehouse adalah menawarkan pendidikan teknologi yang terjangkau bagi pengguna secara global. Pada Juli 2013, treehouse merilis aplikasi iPad, satu tahun kemudian merilis aplikasi Adroid dan menambahkan kursus bahasa pemrograman Swift dari Apple.

Pada Mei 2016, treehouse meluncurkan program Techdegree, sebuah program pembelajaran yang memfokuskan membantu orang dalam mempersiapkan karir di bidang teknologi dengan beberapa topik, diantaranya: pengembangan Web Fron End, JavaScript Stack, iOS, Android, Web Java dan Web Python. Perusahan seperti LivingSocial menggunakan Treehouse untuk merekrut karyawan.

Program pembelajaran Treehouse mencakup video yang dikombinasikan dengan kuis interaktif. Saat ini ada 300 lebih kursus, 278 workshop, dan 23 topik, yang kesemuanya bisa diakses pengguna. Namun tidak gratis, Anda harus mengeluarkan biaya. Layanan gratis hanya diperuntukan versi trial.

 

  1. Pluralsight

pluralsight website

Pluralsight adalah perusahaan pendidikan daring yang menawarkan pelatihan atau kursus dalam bentuk video. Pluralsight menawarkan program pelatihan perangkat lunak, administrator TI, dan para professional yang terjun dalam industri kreatif. Pluralsight didirikan pada tahun 2004 oleh Aaron Skonnard, Keith Brown, Bill Williams dan Fritz Onion.

Semenjak tahun 2007, Pluralsight fokus pada pembelajaran video online. Mulai tahun 2011, Pluralsight tumbuh dengan cepat, dan masuk sepuluh besar sebagai perusahaan pendidikan.

Pada tahun 2017, Pluralsight dinobatkan sebagai tempat kerja terbaik, pada tahun yang sama menempati peringkat 20 pada daftar Forbes Cloud 100.  Ada beberapa perusahaan yang telah mendanai Pluralsight, diantaranya: Insight Venture Partners, Iconiq Capital, dan Sorenson Capital.

Pluralsight telah mengakuisis beberapa perusahaan teknologi pendidikan. Pada tahun 2013, perusahaan mengakuisisi PeepCode, penyedia pelatihan Open Source untuk pengembang.

Tahun 2013, mengakuisi TrainSignal, perusahaan penyedia pelatihan bagi personil teknologi informasi, pada tahun yang sama mengakuisi Tekpub, produsen screencast.

Pada tahun 2014 perusahaan mengumumkan mengakuisisi perusahaan Digital Tutors, sebuah perusahaan yang menyediakan pelatihan bagi profesinal kreatif dan memperluas katalog pelatihan perusahaan menjadi lebih dari 3000 judul; masih di tahun yang samaperusahaan mengakuisisi Smarterer, platform penilaian keterampilan online, dan pada tahun 2015, Pluralsight mengakuisis HackHands, perusahaan penyedia bantuan langsung permintaan belajar teknologi melalui obrolan video, audio, dan pesan instan;  pada tahun 2016, Pluralsight mengumumkan telah mengakuisi Train Simple, perusahaan pelatihan video yang memfokuskan pada perangkat lunak Adobe.

Beberapa program kursus online yang ditawarkan Plurasight diantaranya: phyton, javascript, java, c#, web development, mobile development,Data Professional, Cyber Security, dan masih banyak lagi.

Untuk bisa mengakses produk Plurasight, pengguna harus menjadi member premium (berbayar). Pluralsight telah melakukan kemitraan dengan Microsoft membuat program DreamSpark, bekerjasama dengan Google dengan memberikan 100.000 beasiswa bagi pengembang seluler, web, kecerdasan buatan, dan platform cloud di India. Perusahaan juga bermitra dengan Amazon, General Motors, dan Facebook.

Pluralsight sangat cocok bagi guru yang ingin meningkatkan kemampuan dalam bidang IT.

 

  1. Iversity


Iversity adalah platform pendidikan online yang  didirikan pada tahun 2008 di Berlin oleh Jonas Liepmann. Pada tahun 2011, iversity menawarrkan alat kolaborasi online manajemen pembelajaran. Pada tahun 2012, perusahaan memutuskan menjadi platform MOOC berbasis di Eropa. Pada tahun 2013, perusahaan menyelenggrakan “The MOOC Production Fellowship”, kompetisi kursus online.

Hingga tahun 2015, iversity telah memiliki 600.000 pengguna, 63 program studi yang ditawarkan 41 universitas mitra. Diantara perguruan tinggi mitra iversity adalah: RWTH Aachen, Buckingham University, UNEP, Mainz University, Tubingen University, dan Reutlingen. Untuk mendapatkan akses kursus, pengguna bisa mendaftar secara gratis. Namun jika ingin mendapatkan sertifikat, pengguna harus membayar.

Beberapa program iversity dapat diintegrasikan ke dalam program diploma melalui European Credit Transfer and Accumulation System (ECTS). Beberapa topik yang ditawarkan iversity: arsitektur, seni, ilmu komunikasi, ilmu computer, bahasa, teknik, pendidikan, dan sederet topik yang lain.

 

  1. Open2Study

 

Open2study adalah situs penyedia kursus online yang sepenuhnya dikelola oleh Open University Australia (OUA) yang sebelumnya dikenal dengan Open Learning Agency of Australia. OUA dibentuk sebagai Badan Pembelajaran Terbuka Australia Pty Ltd (OLA) pada tahun 1993 yang dimiliki oleh Monash University. Pada 2004, OLA berubah Namanya menjadi OUA dengan IBM sebagai partner awal.

Pada tahun 2013, Open University Australia (OUA) meluncurkan Open2Study, sebuah platform pengajaran dan pembelajaran online. Open2Study memungkinkan menawarkan kursus online gratis, seperti pembelajaran online global Coursera dan EdX.

Platform pembelajaran yang disedikana oleh Open2Study terdiri dari modul mingguan, yang harus diselesaikan selama periode empat minggu dengan penilaian online di akhri setiap modul. Pada akhir setiap modul, siswa menyelesaikan penilaian online dan untuk mendapatkan sertifikat, peserta harus mendapatkan nilai di atas 60.

Open2Study bekerja sama dengan beberapa universitas Australia, seperti UNU, Charles Darwin University, Curtin University, Griffith University, RMIT, Macquarie dan lain-lain.

Bagaimana memulai Open2Study? Anda harus mendaftar terlebih dahulu untuk membuat akun di situs, cari kursus yang disediakan oleh situs, pilih jenis kursus yang kita inginkan, mulailah pelajari seluk beluk kursus yang Anda pilih, termasuk pelajari modul atau silabus terlebih dahulu, buat perencanakaan action, mulai kursus dan yang terakhir persiapkan untuk mengikuti ujian akhir.

Subyek pembelajaran yang ditawarkan pelbagai tema, seperti ilmu komputer, sains, pendidikan, bisnis,ilmu sosial hingga humaniora. Belajar di  Open2study ada yang gratis, beberapa diantaranya berbayar.

 

  1. Open Classroom

openclassroom website

OpenClassrom adalah platform online yang menawarkan program pendidikan dan pelatihan berkualitas tinggi bagi siswa di seluruh dunia secara online atau jarak jauh. Dengan OpenClassroom, siswa dapat memperoleh keterampilan melalui kursus online, mendapatkan gelar diploma tingkat sarjana dan master dengan penawaran fleksibelitas dan harga terjangkau.

OpenClassroom didirikan tahun 2013 oleh Pierre Dubuc dan Mathieu. Kursus yang disediakan oleh situs sepenuhnya online, dengan sumber daya video, berbasis proyek serta terdapat sesi bimbingan individu.

Pada tahun 2016, OpenClassroom meluncurkan gelar sarjana pertamanya dalam ilmu pengembangan web, yang diakui secara internasional.

Pada tahun 2015, pendirinya Mathieu Nebra dinobatkan di antara MIT Innovators Under 35 oleh MIT Technology Review. Pada Mei 2016, situs dinobatkan sebagai pemenang ACSEL’R transformasi digital, dan pada bulan Juli 2017, OpenClassroom menjadi salah satu finalis di EdTechXGlobal Europe.

Jumlah pengguna OpenCulture berjumlah 2 juta orang, dengan menawarkan seribu lebih jenis kursus dengan memfokuskan pada keterampilan, kewirausahaan, pemasaran hingga pengembangan web. Situs juga memiliki 12 program gelar yang tersedia dalam bahasa Prancis dan 7 bahasa Inggris. Semua program tersebut dapat diselesaikan sekitar 6 hingga 12 bulan.

Untuk bisa menggunakan akses program OpenClassroom, pengguna harus mendaftarkan diri di akun secara gratis, kemudian mengikuti kursus di platform. Namun pengguna hanya dapat melihat 5 video setiap minggunya dan jika berhasil menyelesaikan kursus/program, pengguna tidak mendapatkan sertifikat.

Jika pengguna mendaftar sebagai member premium, pengguna dapat mengakses semua video dan mendapatkan sertifikat penyelesaian. Biaya member premium mulai dari €20 hingga €300.